Kadis Dukcapil Kota Imbau Masyarakat Perbaiki Typo Penulisan Adminduk

Bengkulu, beritaterbit.com – Masyarakat Kota Bengkulu yang memiliki kesalahan penulisan pada administrasi kependudukan diimbau untuk melakukan pencatatan ulang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Widodo mengingatkan agar masyarakat merubah data yang typo. Sebab hal ini untuk memudahkan segara pengurusan pelayanan publik yang terintegrasi dengan nama pada KTP elektronik (e-KTP) maupun Kartu Keluarga (KK), serta akta kelahiran dan lainnya.

“Tak hanya typo pada nama, biasanya banyak masyarakat yang melakukan perekaman tak memperhatikan kalau tempat tanggal lahirnya juga salah. Itu harus diperbaiki sebelum terlambat,” kata Widodo, Jumat (1/7/2022).

Bahkan tak sedikit kesalahan ada pada penamaan orang tua (ayah/ibu) sehingga ini nantinya akan mempesulit akses bagi pelayanan publik seperti pengajuan perbankan.

“Apabila ada perbedaan walaupun itu hanya sebatas spasi/jarak atau huruf “I” dengan huruf “Y” segera perbaiki agar tidak terhambat dalam kepengurusan syarat administrasi ketika mendaftar,” ujar Widodo.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang ingin memperbaiki salah kepenulisan adminduk dapat mengajukan kembali perubahan data ke Dukcapil Kota Bengkulu.

“Masyarakat dapat mengajukan perbaikan via website kita https://slawe.bengkulukota.go.id atau dapat  datang langsung ke Dinas Dukcapil Kota Bengkulu. Ini nanti akan kami layani sesuai permintaan perubahan tanpa dipungut biaya,” demikian Widodo. (Adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.