Kades Hairudin Umar Sambut Camat dan Ketua TP PKK Baru Tabongo Secara Adat Mopotilolo Dimeriahkan

Gorontalo, beritaterbit.com – Acara Adat Mopotilolo kepada Camat Tabongo, Abdul Azis Pakaya, S.ST, MPH dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ny. Hafria Lihawa pada Minggu sore kemarin 19 Maret 2023 telah disambut meriah oleh Kepala Desa Tabongo Barat, Hairudin Umar bersama Ketua PKK Desa Bunda Yusni Umar Padude, dimulai dari halaman kantor sampai di ruang Kepala Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Senin (20/3/2023).

Pada kunjungan yang pertama kali, Camat dan Ketua TP PKK saat mengunjungi Desa Tabongo Barat diterima secara adat Mopotilolo oleh pemerintah desa. Mopotilolo merupakan prosesi upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat yang baru dimana penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat setempat.

Mopotilolo diawali dengan penyambutan dari pintu halaman sampai di ruang kantor Kepala Desa, yang kemudian dilanjutkan dengan adat Gorontalo (Mopotilolo) yang diiringi tabuhan genderang adat Gorontalo.

Setibanya di ruangan, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat. Prosesi Mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan untuk Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan yang baru.

Kades Tabongo Barat, Hairudin Umar didampingi sang istri yang juga Ketua PKK Desa, Bunda Yusni Umar Padude kepada awak media ini mengungkapkan, apresiasinya kepada seluruh staf, aparat desanya dan juga kepada para pemangku adat yang dipimpin oleh Bate, sehingga pelaksanaan upacara adat Mopotilolo kepada Camat dan Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Tabongo yang baru bisa berjalan aman, lancar dan sesuai dengan harapan kita.

“Satu hal yang istimewa, hari ini kami telah melaksanakan upacara adat kepada Camat Abdul Azis Pakaya, S.ST, MPH bersama ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Tabongo, Ny. Hafria Liwaha, Insya Allah besoknya sudah bisa bertugas untuk menjalankan tugas sebagai Pemerintah Kecamatan Tabongo,” tutup Kades Hairudin kepada awak media belum lama ini.

Penulis: Haidir

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.