Kabupaten Asahan Zona Merah Pasien Positif Corona Bertambah

Asahan, beritaterbit.com – Warga Asahan berinisial HM (26) warga Dusun II Desa Bahung Sibatu-batu Positif Covid-19.

Ini yang diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, Rahmat Hidayat Siregar dalam release resminya, Minggu (14/6/2020).

“Pasien merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala), setelah melalui uji SWAB di Rumah Sakit Murni Teguh Medan, Pasien dinyatakan Positif terpapar Covid-19” jelas Dayat.

Lebih lanjut jubir yang merupakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini menambahkan pasien selama ini bekerja di Palembang, Sumatera Selatan. Pada bulan Maret 2020 yang lalu, pasien ini sempat masuk dalam ODP Kabupaten Asahan karena baru tiba dari Palembang dan telah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan dalam keadaan sehat dan pada tanggal 12 Juni 2020, pasien akan kembali ke Palembang dan memerlukan Surat Keterangan Bebas Covid melalui pemeriksaan SWAB dan saat pasien memeriksakan diri ke RS Murni Teguh Medan dengan Pemeriksaan Swab Nasofaring, pasien dinyatakan Positif Covid-19.

Dayat menambahkan bahwa selama 2 bulan terakhir HM tinggal di rumah mertuanya di Dusun I Desa Pematang Jering Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara.

“Untuk langkah pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Batubara untuk melakukakn Protokol Pencegahan dengan melakukan Tracking terhadap Kontak erat dengan pasien baik yang ada di Sei dadap maupun di Sei Suka. Untuk Kabupaten Asahan yaitu di Desa Bahung Sibatu Batu kita hanya melakukan Tracking terhadap kedua orang tua HM, mengingat sejak dua bulan terakhir HM dan istri tinggal di Kabupaten Batubara” Jelas Rahmat.

Sedangakan untuk Pasien Tim Gugus Tugas Percepatan Penananan Covid-19 Asahan telah berkoordinasi dengan Batubara agar pasien segera dirujuk ke Medan melalui Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Untuk data terbaru Covid-19 di Asahan yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) kosong, sedangkan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) satu orang, untuk yang positif bertambah menjadi delapan orang, dengan pembagian empat orang dirawat, tiga orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia”, kata Dayat. (Revanda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.