Jumat Curhat Wilkum Polsek Nuangan Penuh Keselarasan

Boltim, beritaterbit.com – Kegiatan Jumat Curhat di wilayah hukum Polsek Nuangan penuh kebersamaan dan keselarasan bersama dengan Pemerintah dan Aparat bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga masyarakat Desa Jiko Utara Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Januari 2023 pukul 09.00 wita s/d selesai bertempat di Desa Jiko Utara Kecamatan Motongkad Kabupaten Boltim.

Hadir dalam giat tersebut :

– Iptu Luster Simajuntak SH (Kapolsek Nuangan)
– G. Sineri S.STP (Pjs. Sangadi Jiko Utara)
– Aipda Rinol Mokodompit (Kanit Reskrim)
– Aipda Denli Maabuat (Kanit Sabhara)
– Bripka Erik Muharib (Kanit Provos)
– Brigadir Kendi Mangkat (Bapulbaket)
– Briptu Rico Lempas (Bhabinkamtibmas)
– Perangkat Desa
– Tomas
– Toga
– Tomat
– Warga masyarakat yang hadir -+30 orang.

Dalam acara kesempatan pertama diberi kepada Pjs Sangadi Desa Jiko Utara untuk menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta yang hadir dalam giat.

Selanjutnya penyampaian Kapolsek IPTU L. Simanjuntak SH terkait perkembangan situasi kamtibmas di Kecamatan Nuangan dan Kecamatan Motongkad dan juga meminta masukan atau usulan dari masyarakat agar bisa memonitor keluhan yang berhubungan dengan Kamtibmas dengan tujuan untuk mengevaluasi tindakan kepolisian dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di desa setempat dan sekitarnya.

Poin penting yang ditanyakan masyarakat dan ditanggapi oleh Kapolsek Nuangan adalah:

1. Yabne Kampala menyampaikan curhat, “Begini pak, saya pernah menegur pengendara R2 yang melakukan balap-balapan namun hanya dijawab kamu mau beli motor silakan beli motor”.

Kapolsek menyampaikan, silakan tegur dengan humanis dan apabila yang bersangkutan menunjukkan sikap yang kurang baik, silahkan menghubungi Polsek Nuangan dan kami ambil tindakan.

2. Jensen Rareho bertanya, kasus apa saja yang dapat kami selesaikan di desa dan kasus apa saja yang dapat kami serahkan di polsek.

Kapolsek menyampaikan, kasus yang tidak dapat diselesaikan di desa yaitu kasus menonjol contohnya seperti aniaya berat dan kejadian-kejadian yang viral.

Sedangkan kasus yang dapat diselesaikan di desa yaitu kasus-kasus yang sifatnya ringan, tidak berdampak luas di masyarakat & bisa diterima kedua belah pihak yang bermasalah.

3. Aria Manumoing Kepala Dusun menyampaikan laporan, “Jadi selama ini knalpot racing yang ada di Jiko Utara tinggal 1 atau 2 orang. Tetapi kebanyakan dari Desa Jiko Induk dam setiap jam 21:00 Wita, ketika saya tegur mereka hanya menjawab akan diganti namun sampai saat ini tidak juga diganti”.

Kapolsek Nuangan menyampaikan, “Nanti saya akan menindaklanjuti bersama Aparat desa setempat dengan sistem door to door karna hal ini lebih efektif untuk menjaring pengguna knalpot racing”.

Lanjut Kapolsek, akan meningkatkan giat patroli untuk mencegah adanya kumpulan anak-anak muda yang disinyalir mengkomsumsi miras serta yang sering duduk nongkrong di pinggir jalan, jelasnya.

4. Yeni Yangkoda bertanya, “Apakah cuman motor yang dilarang menggunakan knalpot racing atau mobil juga?,”

Kapolsek menjawab, untuk knalpot racing memang berlaku untuk semua tidak terkecuali R2 dan R4 kami akan tindak karna sama-sama bising berdampak bagi ketertiban dan kenyamanan di masyarakat.

7. Ibu Neti Mamonto menyampaikan, terkait izin keramaian yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian dalam hal ini banyak yang disalahkan gunakan oleh masyarakat terutama waktu sesuai yang tertera di surat izin keramaian.

Kapolsek menjelaskan, “Kami pihak Polsek Nuangan merespon dengan baik terkait izin keramaian, terkadang ada juga warga yang meminta dispensasi waktu dengan alasan menjamin keamanan selama pelaksanaan acara”.

“Kami pihak Kepolisian akan menertibkan acara sesuai waktu yang tertera di surat izin keramaian,” kata Iptu Luster Simajuntak SH Kapolsek Nuangan.

Acara Jumat Curhat wilayah hukum Polsek Nuangan bagian acara ucapan terima kasih atas nama pemerintah dan masyarat terhadap kehadiran pihak Kepolisian yang disampaikan oleh Pjs Sangadi Jiko Utara G. Sinergi S.STP.

Terpantau Jumat Curhat dengan kesimpulan, “Dalam kegiatan Kapolsek Nuangan memberikan juga himbauan kamtibmas dan informasi-informasi terkini terkait pelayanan pengaduan yang dengan mudah bisa diakses oleh masyarakat berupa pemberian no.telp yang bisa dihubungi juga medsos polsek”.

Kapolsek Nuangan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan aparat desa, tokoh agama, tokoh adat, warga yang hadir dalam kegiatan Jumat Curhat.

P emerintah dan masyarakat penuh tali persaudaraan menyambut baik adanya Giat Jumat Curhat yang efektif, sangat menyentuh langsung di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan berjalan dengan baik, aman, lancar dan kondusif.

Penulis: Yance Sumerah

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.