Jumat Curhat Polsek Kotabunan Menampung Aspirasi Masyarakat

Boltim, beritaterbit.com – Kegiatan Jumat Curhat Polres Bolaang Mongondow di Wilayah Hukum Polsek Kotabunan pada pelaksanaan bertempat di rumah bapak Adan Abdullah alamat Desa Paret Timur.

Kegiatan Jumat Curhat Polsek Kotabunan yang dipimpin langsung oleh AKP Gani Tololiu dan didampingi oleh 4 Personil Polsek Kotabunan Jumat 3 Februari 2023.

Kegiatan Jumat Curhat adalah program bapak Kapolri untuk menampung aspirasi masyarakat di tingkat bawah, serta bertujuan untuk membangun komunikasi yang lebih baik dan sebagai upaya deteksi dini terhadap ancaman dan gangguan di tengah masyarakat.

Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan setiap hari Jumat minggu berjalan dan dilaksanakan dengan cara berpindah-pindah dari satu desa ke desa yang lain di wilayah hukum Polsek Kotabunan.

Diskusi tanya jawab dari saran dan masukan sebagai berikut:

1. Polsek Kotabunandapat secara rutin melaksanakan operasi knalpot racing yang sangat mengganggu khususnya di jam istirahat.

2. Masyarakat mengeluhkan tentang meningkatnya tindak pidana pencurian hewan menggunakan racun sianida.

3. Masyarakat mempertanyakan tentang isu penculikan anak.

4. Masyarakat bertanya tentang bagaimana tindakan kepolisian tentang hewan peliharaan yang berkeliaran di jalan dan halaman rumah masyarakat.

5. Masyarakat mengusulkan tentang pemasangan rambu lalu lintas (traffic light) di perempatan Desa Paret yang sangat rawan kecelakaan.

Tanggapan Kapolsek Kotabunan Ako Gani Tololiu sebagai berikut:

1. Polsek Kotabunan selama ini selalu melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelanggar lalu lintas terutama pelanggar knalpot racing, namun memang belum maksimal karena terbentur dengan tugas pokok lain dan keterbatasan personil. Namun demikian kami akan berupaya memenuhi segala permintaan masyarakat walaupun dengan keterbatasan yang ada, kami harap masyarakat dapat bekerjasama dengan kami dalam pelaksanaan tugas pokok kepolisian.

2. Kami akan berkoordinasi dengan unsur Tripika mencari solusi bagaimana kemudian Poskamling diaktifkan kembali agar dapat mencegah niat-niat para pelaku kejahatan khususnya pencurian ternak yang marak saat ini, kemudian kami akan meningkatkan patroli di jam-jam rawan guna mencegah terjadinya tindak pidana.

3. Sampai saat ini perkara penculikan anak di Kabupaten Bolmong Timur belum ada kasus, pihak Kepolisian saat ini sedang menyelidiki asal dari isu yang berkembangan tentang penculikan anak apakah itu berita hoax atau memang benar pernah terjadi, pesan kami agar masyarakat tetap waspada dan dapat menghubungi Bhabinkamtibmas di desa pada kesempatan pertama jika mendapati ada informasi atau tindakan yang menjurus ke tindak pidana penculikan anak maupun tindak pidana lain.

4. Kami mengusulkan kepada Kepada Desa (Sangadi) agar dapat segera membuat produk peraturan desa (Perdes) tentang tata cara memelihara hewan di lingkup masyarakat, sehingga ada landasan kuat untuk memberikan sanksi kepada pelanggar.

5. Benar bahwa di Desa Paret ini untuk penerangan lampu masih kurang sehingga jalan raya masuk pada kategori rawan kecelakaan, kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Dishub Kabupaten Bolmong Timur untuk mengusulkan pengadaan penerangan lampu jalan dan pemasangan Traffic Light di perempatan Desa Paret sehingga pengguna jalan merasa nyaman khususnya pada malam hari.

Dari tanya jawab kesimpulan Jumat Curhat di wilkum Polsek Kotabunan sebagai berikut:

1. Masyarakat akan bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam memberikan informasi apapun pada kesempatan pertama guna mengantisipasi segala bentuk kejahatan dan pelanggaran yang terjadi di desa tentunya Bhabinkamtibmas harus lebih maksimal berperan di tingkat desa.

2. Kepala desa akan melakukan rapat dengan BPD dan aparat desa untuk merancang peraturan desa tentang tata cara memelihara hewan.

3. Kapolsek Kotabunan akan berkoordinasi dengan Tripika guna menyampaikan apsirasi masyarakat Desa Paret dan mencari solusinya.

Turut hadir Tomas, Toga, Sangadi, aparat desa dan masyarakat. Pada kesempatan saat dikonfirmasi salah satu warga yang hadir dalam kegiatan Jumat Curhat Bapak Rommi Masengie kepada awak media mengatakan, “Terima kasih Pak Kapolsek Kotabunan dari giat Jumat Curhat setiap minggu merupakan program Polri yang efektif, kami apresiasikan dan support Kapolsek Kotabuman,” tutup Masengie.

Penulis: Yance Sumerah

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.