Jelang Pemilu, Dukcapil Kota Targetkan 10 Ribu Warga Bengkulu Miliki KTP

Bengkulu, beritaterbit.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menargetkan 10 ribu warga Kota Bengkulu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu sebagai pemangku kepentingan berusaha mengoptimalkan Daftar Pemilih Tetap sekaligus mengoptimalisasi keseragaman data yang akan dipakai Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sebanyak 10.150 dari 374.694 warga wajib KTP masih belum melakukan perekaman KTP. Secepatnya kami akan lakukan perekamannya supaya sebelum pelaksanaan Pemilu, semua DPT Potensial sudah punya KTP,” ujar Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo, Rabu (20/7/2022).

Widodo mengatakan pihaknya telah mengoptimalkan pencatatan administrasi kependudukan dengan berbagai upaya jemput bola. Namun nyatanya Disdukcapil masih kesulitan menjangkau masyarakat yang belum memiliki kesadaran memiliki KTP.

“Kendala lainnya adalah pada anak yang baru beranjak di usia 17 tahun namun belum langsung mengurus KTP,” kata Widodo.

Meski demikian, lanjut Widodo setiap tahunnya Dukcapil menargetkan 100 persen wajib KTP memiliki KTP.

“Setiap tahunnya kami target 100 persen wajib KTP harus langsung dilakukan perekaman. Ini merupakan kewajiban warga negara untuk memberikan identitas kepada penduduk,” jelas Widodo.

Menjelang perhelatan Pemilu, Dukcapil berusaha gencar menjangkau wajib KTP agar segera memiliki KTP karena akan masuk dalam data sebagai mata pilih baru.

“Saat ini pun masyarakat juga sudah dipermudah dengan bisa merekam KTP di kantor camat masing-masing wilayah dengan gratis tanpa harus ke kantor Dukcapil. Jadi tidak ada alasan belum membuat KTP,” tukasnya. (Adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.