Inilah Fakta Pramuka Indonesia dan Dunia Beserta Dasa Dharmanya

Bagi orang Indonesia, pramuka sudah hadir sebagai ekstrakuliker sejak Anda menduduki Sekolah Dasar (SD). Meskipun aktivitasnya dijalani di bawah sinar matahari sehingga seringkali menyebabkan keringat berlebih, tetapi aktivitas dari pramuka sangat menarik untuk diikuti.

Selain itu, pramuka juga memiliki fakta yang menarik, baik di Indonesia maupun pramuka di dunia, serta Anda perlu pahami dasa dharma yang menjadi panutan bagi pramuka. Berikut ini terdapat beberapa fakta hingga dasa dharma pramuka, antara lain:

1. Fakta Pramuka Indonesia dan Dunia
Memiliki sebutan pramuka yang berbeda di setiap negara

Ternyata, pramuka tidak hanya di Indonesia, tetapi ada juga di negara lain dengan nama yang berbeda tetapi maknanya tetap sama.

Misalnya, seperti di Malaysia dan Brunei Darussalam, nama pramuka ini disebut sebagai persekutuan pengakap. Sedangkan di Komoro, nama pramuka disebut sebagai wezombeli.

Bapak Pramuka Indonesia adalah Raja Kesultanan Yogyakarta

Di Indonesia, terdapat Bapak Pramuka Nasional yang bernama Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Mengapa bisa beliau menjadi bapak pramuka di Indonesia?

Hal ini dikarenakan beliau berhasil menyatukan seluruh gerakan pramuka di Indonesia ketika berada di masa “kepanduan”. Kemudian di tanggal 14 Agustus 1961 terdapat pelantikan Kwarnas atau Kwartir Nasional.

Saat itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi ketua yang memimpin Kwarnas pertama, serta beliau juga menandai gerakan pramuka yang ada di Indonesia.

Kegiatan jambore dari Pramuka tetap terkenal meskipun sudah lama hadir

Pramuka sangat identik dengan aktivitas Jambore atau melakukan kemah. Terdapat perkemahan dalam skala besar yang diadakan hingga tingkat nasional ataupun dunia.

Meskipun sudah hadir sejak tahun 1920 di Inggris, tetapi jambore tetap terkenal hingga sekarang. Terlihat di tahun 2019, terdapat perwakilan Indonesia pergi ke Virginia Barat yang berada di Amerika Serikat untuk mengikuti penyelenggaraan Jambore Dunia ke 24.

2. Kegiatan Pramuka

Selain jambore, terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan dalam gerakan pramuka yang dilakukan, antara lain:

1. Estafet Tunas Kelapa

2. Jota dan Joti

3. Pesta Siaga

4. Lomba Tingkat

5. Jambore

6. Gladian Pimpinan Regu

7. Perkemahan Bakti

8. Penjelajahan

9. Forum Penggalang

10. Upacara dan Kemah Pramuka

3. Fungsi Gerakan Pramuka

Aktivitas yang dilakukan oleh setiap anggotanya memiliki fungsi yang menarik. Beberapa fungsi pramuka, yaitu:

Kegiatan yang dilakukan seperti permainan yang dilaksanakan terasa menarik dan memiliki tujuan yang jelas, tetapi dilakukan dengan cara yang menghibur
Pengabdian bagi orang dewasa, mungkin ini berdasarkan pandangan saja, jika orang dewasa menjalani kepramukaan, mereka melakukannya bukan karena permainan tetapi dilakukan dengan ikhasl dan penuh suka rela
Menjadi alat yang bermanfaat bagi masyarakat dan organisasi, karena pramuka bisa membantu kebutuhan masyarakat setempat melalui kegiatan kepramukaan
4. Dasa Darma Pramuka
1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, terampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.
Itulah ulasan mengenai fakta tentang pramuka hingga dasa darma pramuka yang perlu dipahami bagi Anda yang tertarik dengan pramuka. Apakah Anda akan ikut serta dengan gerakan pramuka?
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.