Ini Menu yang Tersedia di Aplikasi SLAWE Milik Dukcapil Kota Bengkulu

Bengkulu, beritaterbit.com – Diketahui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu telah meluncurkan Aplikasi SLAWE untuk memudahkan masyarakat Bengkulu dalam mengurus administrasi layanan dan kependudukan.

Aplikasi SLAWE ini merupakan singkatan dari Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik. Dengan adanya layanan Aplikasi SLAWE di Kota Bengkulu ini, juga sebagai salah satu bentuk untuk memutus rantai penyebaran covid-19, agar masyarakat kota Bengkulu tidak melakukan kerumunan.

Dari data yang diterima oleh TribunBengkulu.com melalui Dinas Dukcapil Kota Bengkulu pembuatan E-KTP di Kota Bengkulu dengan menggunakan aplikasi SLAWE telah mencapai 55.238. Untuk Kartu Identitas Anak (KIA) telah mencapai 12.432.

Andi Wijaya Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, menyampaikan, untuk pembuatan e-KTP di Kota Bengkulu saat ini banyak menggunakan aplikasi Slawe.

“Biasanya yang datang ke Dukcapil sekarang ini yang mengalami kendala atau yang bermasalah pada saat menggunakan aplikasi,” ujar Andi.

Andi juga menjelaskan jika masyarakat yang mengurus secara offline merupakan masyarakat yang mendapatkan kendala ataupun dari sistem aplikasi SLAWE yang meminta masyarakat untuk mengambil permohonan pengajuannya ke Dukcapil.

“Jadi yang biasanya datang itu apabila ada yang permohonannya diterima atau ditolak pengajuannya. Misal NIK nya ada masalah seperti duplikat, nah itu kan harus orangnya yang datang langsung untuk dicek sidik jarinya,” ungkap Andi.

Andi juga memaparkan ketika masyarakat ingin mengganti status KTP dengan menggunakan aplikasi SLAWE, masyarakat harus mengupload foto KTP lama pada formulir yang telah disediakan di aplikasi SLAWE, begitupun dengan mengganti KTP yang telah hilang ataupun rusak.

Andi juga memaparkan, jika aplikasi SLAWE sulit untuk di akses ada dua faktor yang mempengaruhi yakni mengenai koneksi jaringan, lalu sistem yang telah melebihi batas permohonan.
Andi juga mengatakan jika dalam sehari terdapat sekitar 400 orang dalam mengajukan permohonan pembuatan dokumen di aplikasi SLAWE.

Lalu apa saja menu yang ada di aplikasi SLAWE?. ada banyak menu yang bisa kamu dapatkan di aplikasi SLAWE di antaranya:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Menu pertama yang dihadirkan di aplikasi SLAWE adalah menu KTP. Kamu bisa Mengajukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL), hanya dengan menggunakan aplikasi SLAWE, sehingga membuat KTP akan lebih mudah.

2. Kartu Identitas Anak (KIA)
Bagi Kamu yang ingin mengajukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk Usia 0-17 Tahun, kamu juga bisa bisa menggunakan layanan aplikasi SLAWE, tanpa perlu ribet dan kamu cukup gunakan aplikasi SLAWE dan ikuti langkah-langkahnya

3. Sinkronisasi Data Online
Bagi yang ingin mengajukan konsolidasi data karena belum online data seperti BPJS, Perbankan, Pertanahan, dan lainnya, di aplikasi SLAWE ini juga sudah dilengkapi menu utnuk sinkronisasi data.

4. Suket Perekaman
Kamu tidak perlu khawatir jika KTP kamu belum selesai di proses, tak hanya KTP saja aplikasi Slawe ini juga telah dilengkapi dengan menu Suket Perekaman, sehingga kamu bisa menggunakan surat perekaman ini sebagai pengganti sementara KTP EL , cukup menggunakan aplikasi SLAWE pastinya akan membuat kamu lebih praktis menggunakannya.

5. Kutipan Akte Kelahiran
Dengan hadirnya aplikasi SLAWE ini kamu juga bisa mengajukan Kutipan Akte Kelahiran dengan hanya download aplikasi SLAWE secara gratis. Sehingga kamu tidak perlu antri lagi hanya untuk mengajukan kutipan akte kelahiran.

6. Kutipan Akte Kematian
Tak hanya Kutipan Akte Kelahiran, bagi akmu yang saat ini ingin mengajukan pencetakan Kutipan AKte Kematian , kamu bisa langsung memprosesnya di aplikasi SLAWE.

7. Kartu Keluarga
Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk data diri adalah Kartu Keluarga, cukup download aplikasi SLAWE di smartphone yang kamu miliki, kamu bisa langsung mengajukan pemohonan pencetak Kartu Keluarga tanpa harus pergi ke Dukcapil terlebih dahulu.

8. Surat Pindah
Untuk kamu yang ingin mengajukan pencetakan Surat Pindah Penduduk, kamu bisa langsung buka website aplikasi SLAWE dan isi data formulir yang diminta dan kamu hanya tinggal menunggu informasi dari pihak DUKCAPIL dan kamu bisa langsung mengambilnya.

9. Mobil Dukling
Bagi yang ingin mengajukan rekam KTP kolektif, warga sakit/lumpuh, lansia, sekolah, event, instansi, kamu bisa mengajukannya melalui aplikasi SLAWE yang telah dibuat untuk memudahkan proses administrasi untuk masyarakat. (ADV)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.