Ikatan Paritrana Indonesia, Budaya Pemersatu Bangsa

Surakarta, beritaterbit.com – 20 Maret 2023 Paritrana adalah organisasi yang bergerak dibidang seni dan budaya yang bernama IPI (Ikatan Paritrana Indonesia), dideklarasikan di Gedung Wayang Orang (WO) Sriwedari, Solo. Susunan pengurus organisasi IPI antara lain Bagus Hartawan (ketua umum), Heru Santosa (wakil ketua) dan Ketua Penyelenggara Deklarasi, Ki Gagak Seto.

Acara tersebut akan dihadiri para pengurus dan anggota IPI di seluruh provinsi Indonesia dan para pejabat dipemerintahan setempat serta para penggiat budaya nasional. “Kami juga telah menghubungi Mas Gibran, Walikota Surakarta dan rencananya juga mau hadir dan membuka acara ini,” ujar Bagus Hartawan, Ketua Umum IPI kepada wartawan sambil mengatakan bahwa ingin
mengubah pandangan masyarakat, Ikatan Paranormal berganti nama untuk lestarikan budaya.

Penggantian nama Ikatan Paranormal Indonesia menjadi Ikatan Paritrana Indonesia (IPI) ini merupakan pemikiran panjang para pengurus, terkait beberapa kendala yang dijumpai saat menggunakan nama lama.

Paritrana berasal dari bahasa Sansekerta berarti pertolongan dan perlindungan, dimana kelahirannya mengemban amanah yang diberikan N. Marzuki, pendiri Ikatan Paranormal Indonesia agar mendirikan kembali organisasi tersebut, namun karena ada perubahan birokrasi dan aturan maka diganti nama.

Terkait untuk ubah pandangan masyarakat, Ikatan Paranormal berganti nama untuk lestarikan budaya.

Ikatan Paritrana Indonesia ini sebelumnya bernama Ikatan Paranormal Indonesia pimpinan Nurullah Marzuki pada tahun 2002. Namun setelah Marzuki meninggal, ada beberapa kendala birokrasi yang signifikan sehingga setelah berembug, maka disetujui semua anggota dengan berganti nama Ikatan Panitrana Indonesia yang berdiri pada 10 November 2022.

Panitrana sendiri, kata Bagus yang berarti penyelamat atau pelindung, dengan demikian pihaknya selain bergerak dibidang budaya juga bidang sosial. “Kami IPI juga sering berkegiatan sosial dengan pengobatan gratis di daerah-daerah,” katanya.

Dalam acara pelantikan dan deklarasi ditampilkan beberapa kesenian seperti jathilan, reog dan tari-tarian, juga kesenian lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu disini. “IPI berkantor pusat di Solo di Jalan Veteran,” pungkasnya.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.