Iis Zamora Putra: Jika BUMNag Dijalankan dengan Baik, Kesejahteraan Masyarakat Akan Meningkat

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra mengajak seluruh Peragkat Nagari, Pemangku Kepentingan di Nagari Kumango, Lembaga Unsur, dan Seluruh Masyarakat untuk berjuang dan berpartisipasi dalam menghidupkan kegiatan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Menurut Iis jika BUMNag memiliki usaha yang jelas dan dapat dikembangkan maka akan menghasilkan pendapatan dimana sebagian pendapatan BUMNag akan masuk ke Nagari sebagai Pendapatan Asli Nagari (PAN) sehingga dengan sendirinya pembangunan Nagari akan terlaskana dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Hal itu disampaikannya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab yang digelar Kamis (29/09) di Aula Kantor Wali Nagari setempat.

“Jika BUMNag dihidupkan dan memiliki kegiatan-kegatan maka akan menghasilkan pendapatan yang sebagaiannya akan dimasukkan dalam PAN Nagari. Untuk PAN ini kita bisa menggunakan dengan bebas sesuai dengan kebijakan Nagari . bukan brarti Dana yang kita dapatkan dari Pusat dan Kabupaten tidak bisa digunakan, bisa kita gunakan tetapi kita dibatasi oleh aturan-aturan, ada aturan-aturan yang harus kita taati,” ujar Iis Zamora.

Sementara untuk realisasi kegiatan di Nagari, dijelaskannya, realisasi kegiatan pada tahun 2021 sebesar Rp.1.561.204.705. Sementara APBNag tahun 2021 sebesar Rp. 1.670.659.406 sehingga terdapat SilPA tahun 2021 Rp.109.545.701.

Sementara untuk tahun 2022 APBNag sebesar Rp. 1.532.745.886. “Ini jumlahnya memang berkurang dari tahun 2021 karena dana digunakan untuk penaggulangan Covid-19. Menurut penilaian jika terjadi SilPA itu Nagari kesannya tidak bisa menggunakan anggaran, tidak bisa membelanjakan uang. Namun ini bukan semata-mata seperti itu, tetapi karena adanya aturan-aturan dan regulasi yang harus kita ikuti. Namun untuk kegiatan Bundo Kanduang itu dananya habis digunakan, dan kami mohon mungkin untuk tahun beikutnya bisa ditambah ya Pak, kebetulan ada perwakilan dari Dinas PMDPPKB hari ini,” ujar Iis Zamora.

Untuk kegiatan yang sudah terealisasi tahun 2022 diantaranya:
1. Pembuatan Kandang Kambing;
2. Pelatihan Satgas Bencana;
3. Bimtek BPRN, Wali Nagari dan Perangkat;
4. Pelatihan Menjahit Kepalo Samek;
5. Perbaikan Irigasi Banda Sariak;
6. Bantua Bibit Tanaman;
7. Pelatihan Posyantek;
8. Satu Nagari Satu Event “Festival Baluluak Bajarami” dan
9. Perbaikan Irigasi Banda Kepalo Samek.

Sementara kegiatan yang belum terealisasi diantaranya:
1. Pertandingan Bola Voly;
2. Sosialisasi LPM;
3. Pembelian Mesin Pertanian;
4. Bantuan Ayam dan Itik;
5. Pemanfaatan Lahan Nagari untuk Kebun;
6. Pengenalan Mesin Pembuat Pelet Ikan, dan
7. Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian.

“Untuk kegiatan yang belum terlaksana kita akan usahakan untuk merealisasikannya hingga akhir 2022 dan kita akan terus berupaya untuk mencarikan solusi sehingga usulan-usulan yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat kita penuhi,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Iis Zamora juga mengucapakan terima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ir. H.Arkadius Dt. Intan Bano, MM,M.BA yang telah menyumbangkan dana Pokirnya untuk pembangunan di Nagari Kumango yaitu Banda Kepalo Koto, meskipun belum selesai seluruhnya, namun Iis Zamora berharap si tahun mendatang dapat ditingkatkan lagi.

“Terima Kasih kepada Bapak Dt. Inta Bano yang telah memberikan sebagian dana Pokirnya ke Nagari Kumango, mudah-mudahan tahu depan bisa ditingkatkan lagi. Saya sangat berharap masuka, saran dan ide-ide dari masyarakat, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan suksesnya pembangunan di Nagari Kumango, sehingga cita-cita kita menuju masyarakat yang madani dan sejahtera bisa terwujud,” pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Dinas PMDPPKB Tanah Datar, OPD, Camat Sungai Tarab Arianto, S.STP, Kapolsek Sungai Tarab, Irwan Ali, Danramil Sungai Tarab, Ketua BPRN, KAN, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, Perwakilan Sekolah se-Nagari Kumango serta undangan lainnya. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.