IBR Pastikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah Sesuai Regulasi

PURWAKARTA, beritaterbit.com – Manajemen PT Indo Bharat Rayon (IBR) memastikan telah memiliki instalasi pengolahan air limbah tersendiri sesuai dengan regulasi yang dilengkapi dengan pipa-pipa khusus untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan hidup di sekitar pabrik.

“Artinya, pengelolaan limbah dan air limbah tidak mungkin keluar dari unit pengolahan dikarenakan air limbah mengalir pada pipa-pipa khusus pada unit pengolahan limbah,” kata Manager Humas PT Indo Bharat Rayon, Irwan Setiawan kepada awak media, Rabu (19/1/2022).

Apih Irwan, begitu ia biasa disapa, juga membantah bahwa limbah yang dikeluarkan perusahaannya menyebabkan ikan-ikan di kolam warga Kampung Sukamulya, Desa Cilangkap, mati mendadak.

“Setelah kami telusuri bersama aparat terkait, penyebab ikan-ikan di kolam warga mati mendadak dikarenakan sungai di sekitar wilayah tersebut surut sehingga tidak ada feed air ke kolam ikan, dan kolam menjadi kekurangan air,” kata Apih Irwan.

Irwan juga menegaska komitmen manajemen perusahaan yang berada di DAS Citarum untuk terus mendukung terciptanya program Citarum Harum yang tengah digalakan oleh pemerintah pusat. “Kami juga terus membuat laporan-laporan kegiatan pemulihan lingkungan di sekitar perusahaan kepada pemerintah dan dinas terkait,” demikian Apih Irwan. (Aik Hakiki)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.