IAIN Batusangkar Laksanakan UM-PTKIN Secara Daring

TanahDatar(SUMBAR),beritaterbit.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar laksanakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UM-PTKIN) secara Daring.

Langkah ini diambil IAIN Batusangkar demi mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda negeri ini.

Sebagaimana dituturkan Humas IAIN Batusangkar Doni Okta dalam rilisnya melalui pesan WhatshAp hari ini, Selasa (18/05/2021), IAIN Batusangkar melakukan UM-PTKIN diawali dengan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN yang dimulai tanggal 17 hingga 19 Mei 2021.

Ketua Panitia lokal ujian UM-PTKIN Dr. H. Zainuddin, MA. menjelaskan calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN 2021 harus mengikuti uji coba SSE dari rumah masing-masing sebelum melakukan ujian SSE yang sesungguhnya mulai tanggal 24-29 Mei 2021 karena masih dalam suasana covid-19.

Dr. H.Zainudin, MA ketika mengunjungi lokasi uji coba ujian SSE Senin, 17 Mei 2021 kemaren mengatakan ” Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rancai penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus IAIN Batusangkar. Uji coba dan pelaksanaan SEE dilakukan secara online dari rumah masing-masing peserta UM-PTKIN 2021″.

Peserta yang melakukan pendaftaran UM-PTKIN yang juga melilih IAIN Batusangkar sebanyak 588 calon siswa pada pilihan pertama,pada pilihan ke dua sebanyak 702, dan pada pilihan ke tiga sebanyak 837 calon siswa”.

“Kepada semua calon siswa diwajibkan untuk mengupload aplikasi ujian SSE UM-PTKIN yang telah di tentukan oleh Panitia Pusat, dalam palaksanaan uji coba maupun ujian nanti yang dilaksankan secara serentek se-Indonesia.
Selama proses ujian berlangsung, panitia menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id, bagi peserta dengan berbagai keluhan seperti gagal login, terjadi bencana alam di lingkungan peserta, dan berbagai kendala jaringan lainnya. Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta,” jelas Zainudin.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang juga didampingi Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M.Pd pada saat meninjau lokasi pelaksanaan uji coba SSE UM-PTKIN mengatakan “Pihak kampus beserta Panitia Ujian UM-PTKIN akan memastikan semua akan berjalan lancar, dan semua peserta bisa mengikuti uji coba ujian SSE dengan sempurna”.

Ditambahkan Marjoni “Insya Allah kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Batusangkar tahun ini sebanyak 2500 orang. Dengan kuota untuk SPAN-PTKIN minimal 20%, UM-PTKIN minimal 40% dan Jalur Mandiri maksimal 30 %.”
Dengan akreditasi kampus peringkat B yang dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan canggih”.

IAIN Batusangkar saat ini telah memiliki 4 (empat) fakultas dengan 27 Program Sarjana yang 7 diantaranya sudah terakreditasi A serta 1 program Diploma.

Bagi mahasiswa berprestasi di IAIN Batusangkar tersedia beasiswa KIP- Kuliah, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa Tahfizh Qur’an, Beasiswa Baznas UPZ IAIN Batusangkar, beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Rajawali Pemprov Sumatera Barat dan Beasiswa Bank Nagari Syariah.(MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.