Hewan Qurban Meningkat Tahun Ini, Meunasah Blang Rekor 33 Ekor Sapi

Bireuen, Beritaterbit.com – Jumlah hewan qurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di Kecamatan Kota Juang dan Kuala yang terhimpun data wartawan media ini hingga Rabu 21 Juli 2021 pagi dari sejumlah desa semuanya meningkat dan Desa Meunasah Blang pecah rekor tercatat 33 ekor sapi qurban dan 12 kambing. 

Jumlah hewan qurban yang terhimpun di dua kecamatan dalam beberapa desa antara lain, pemecah rekor Desa Meunasah Blang 33 ekor sapi dan 12 kambing, Meunasah Dayah 23 sapi dan 7 kambing, Geudong-Geudong 17 ekor sapi dan 6 kambing.

Berikutnya Desa Pulo Ara Geudong Teungoh 18 sapi dan 9 kambing, Bandar Bireuen 10 sapi 6 kambing, sementara Desa Cotbatee Kecamatan Kuala 23 sapi dan 5 kambing, Cotbaro 11 sapi dan 3 kambing.

Suasana pemotongan dan pembagian daging qurban di Kecamatan Kota Juang dan Kuala Kabupaten Bireuen. (Suherman Amin)

Rektor Umuslim Dr Marwan, M.Pd didampingi Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH,M.Si kepada wartawan media ini menyebut, di desanya Meunasah Dayah hewan qurban tercatat 23 sapi dan 7 kambing, namun Meunasah Blang lebih banyak lagi mencapai 33 ekor sapi.

Menurut Pak Marwan, pihak panitia qurban di Meunasah Dayah memberlakukan sistem arisan dan sistem door to door (pintu ke pintu) memberitahukan sekaligus menawarkan untuk berqurban pada Hari Raya Idul Adha.

Sementara panitia qurban Cotbatee Ayah Leman mengatakan, hewan qurban Hari Raya Idul Adha benar pemecah rekor Meunasah Blang 33 ekor sapi dan 12 kambing, namun tahun lalu (2020 M) juga mendekati jumlah tersebut dan kalaupun meningkat tidak menyolok.

Di satu sisi yang sangat unik dan patut kita jempolkan koordinatornya Tgk Syakbi di Desa Kuta Baro Kecamatan Kuala. Betapa tidak, dari hanya 1 sapi tahun lalu 1441 H/2020 M, namun tahun ini meningkat tajam tercatat 11 ekor sapi qurban.

Hasil penelusuran wartawan media ini ternyata Teungku Syakbi dari awal-awal sudah menawarkan masyarakat untuk berqurban.

Bila tidak mampu secara pribadi maka bersama kelompok dan menawarkan sistem arisan yaitu membayarnya Rp 250 ribu/bulan perorang dengan jangka waktu 10 bulan.

Sementara Keuchik Pulo Ara Geudong Teungoh H Ridwan SH mengatakan, hewan qurban di Desa yang dipimpinnya hanya 18 sapi/lembu dan 9 kambing.

Dari 18 sapi dilakukan penyembelihan di dua lokasi yaitu di Meunasah Geudong Teungoh 7 sapi dan 6 kambing sedangkan di lokasi Meunasah Pulo Ara 11 sapi dan 3 kambing.

Pada prosesi pembagian daging Selasa kemarin dimulai dari seusai Shalat Idul Adha-Shalat Ashar sore dihadiri ratusan warga untuk mengambil daging qurban namun walaupun padat karena pengaturannya baik dibagi tiga kelompok dengan membedakan kupon putih kuning dan merah maka tidak ada kerumunan dan sangat tertib. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.