Harga Pupuk Subsidi Melejit, Petani Bone Menjerit

Bone, Beritaterbit.com – Pupuk bersubsidi di Desa Binuang, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, petani mengeluh harga pupuk di daerah tersebut jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Salah satu ketua kelompok tani bernama MS di Desa Binuang menyebut harga pupuk jenis Ponska dan Urea mencapai Rp 175 ribu per sak.

“Distributor tidak ada, warga harus ke desa sebelah Mattirowalie akan tetapi gudang sering tutup karena pemiliknya tinggal di Bilawae. Petani membeli Rp 175 ribu per saknya disebabkan pengecer jauh dari tempat kami,” jelas MS, Kamis (12/01/2023).

Kepala Desa Binuang Andi Alim membenarkan hal tesebut. Kades mempertanyakan kenapa harga pupuk di daerahnya jauh diatas HET.

“Desa ini berbatasan dengan Kabupaten Maros. Kami ketahui harga pupuk di Maros itu 125 ribu per saknya, beda 50 ribu dengan harga di sini, mengapa?” tanyanya.

Lanjut Kades menambahkan, 99 persen warga Desa Binuang adalah petani, ia berharap kelangkaan dan mahalnya pupuk ini menjadi perhatian pemerintah.

“Sebagai Kepala Desa Binuang, saya akan menemui Kepala UPT pertanian dalam waktu dekat untuk membicarakan solusi terkait hal ini,” tandasnya.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.