Halyu Pardi: Berilmu Tidak Beradab Tiada Arti, Berilmu Beradab Sangat Bermanfaat

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Wali Nagari Atar Halyu Pardi mengingatkan pentingnya adab dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi Pegawai Pemerintahan yang notabene adalah sebagai “Pelayan Masyarakat”.

Sebagai Pegawai Pemerintah baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non ASN, sama-sama memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelayanan publik, yang sehari-harinya berhadapan dengan orang banyak atau masyarakat. Untuk itu selain kecerdasan, kepandaian, dan ilmu dalam menjalankan tugas, hal yang paling utama adalah adab. Berilmu tapi tidak beradab tiada arti, tetapi berilmu beradab mendatangkan banyak manfaat.

Demikian disampaikan Wali Nagari Atar saat memberikan sambutan sekaligus pengarahan usai melantik Kasi Pelayanan dan Staf Perangkat Nagari Atar Tahun 2022, di Ruang Pertemuan Kantor Nagari setempat, Senin (03/10/2022).

“Baru saja kita laksanakan pelantikan, semoga dapat kita mengerjakan dan bertanggungjawab dengan tugas kita sebagai Perangkat Nagari, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujar Halyu Pardi.

Halyu Pardi mengingatkan, kepada Pejabat yang baru dilantik, bahwa sumpah dan janji yang mereka diikrarkan adalah langsung kepada Allah, Bersumpah langsung terhadap Allah
SWT, berarti akan bertanggungjawab langsung kepada Allah apabila melanggar sumpah yang telah diucapkan.

“Sebagai Perangkat Nagari yang dilantik hari ini, berarti anda adalah orang-orang terpilih di Nagari Atar, karena untuk menjadi Perangkat Nagari diadakan seleksi, ada Undang-Undang yang mengatur. Jadi saya berharap tolong pegang kata-kata itu, pertahankan niat baik Anda memasuki Kantor Wali Nagari ini,” tegas Halyu Pardi.

Halyu Pardi juga katakan, dengan adanya Pelantikan ini kita jadikan cambuk kedepannya, baik bagi Wali Nagari, Perangkat, Staf, agar melaksanakan kegiatan di Nagari kita semakin baik lagi.

“Selama pelayanan harus beradaptasi dengan masyarakat. Tunjukkan melayani masyarakat semaksimal mungkin, dengan ramah, kita sebagai Perangkat harus mengetahui keinginan warga yang datang, meskipun terkadang warga yang datang dengan cara kurang baik atau kurang sopan, bahkan terkadang ada yang emosi, namun tolong maksimalkan pelayanan, tetap hadapi dengan senyum dan ramah, serta sabar. Kalau bisa warga yang datang dengan cemberut atau emosi, pulang berbalik dalam keadaan tersenyum,” lanjut Halyu Pardi.

Halyu Pardi juga mengingatkan agar Perangkat Nagari Atar bersatu sebagai satu Tim yang bekerja bersama-sama, sehingga terbentuk tim yang tangguh. Ibarat sapu lidi, jika diikat menjadi satu maka akan mampu membersihkan kotoran/sampah-sampah yang ada.

Halyu Pardi juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Panitia Seleksi yang telah bekerja secara maskimal, mulai dari perekrutan hingga pelantikan hari ini yang berjalan sukses.

Sementara Camat Padang Ganting yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) mengungkapkan hal yang senada, berharap agar Perangkat Nagari yang baru dilantik segera beradaptasi, meningkatkan koordinasi dengan Wali Nagari, Sekretaris Nagari dan Perangkat Nagari lainnya dalam menjalankan tugas, denga cara: Menerima informasi, tugas yang diberikan oleh Wali Nagari/Sekretaris Nagari/Perangkat lainnya, melaksanakan sesuai arahan dan aturan, serta melaporkan hasilnya sehingga bisa dievaluasi dan disupervisi.

Adapun Pejabat yang dilantik yaitu Indra Mina Putra sebagai Kasi Pelayanan, Nurwati, S.Pd dan Anisa Nurhalimah sebagai Staf.

Acara dihadiri oleh Sekcam Padang Ganting, BPRN, KAN, Sekretaris Nagari Atar beserta Perangkat Nagari, Kepala KUA Padang Ganting serta undangan lainnya. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.