H Zulhanani (Bang Hans) Terus Jalankan Program Ekonomi BMMPB, Upaya Penguatan SDM Desa Menuju Digitalisasi Ekonomi

Bengkulu Selatan, beritaterbit.com – Dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 di Provinsi Bengkulu, pria yang akrab dipanggil bang Hans ini terus melakukan pembekalan pengetahuan untuk mendorong masyarakat desa terus berusaha serta mengikuti program-program pemerintah yang sudah dicanangkan dalam hal UMKM, ketahanan pangan, pencegahan stunting, dll.

Pada kesempatan ini bang Hans memberikan gambaran secara menyeluruh hal-hal yang harus dilakukan dalam menumbuh kembangkan prekonomian desa, kali ini bang Hans mengunjungi Desa Sukamaju, Kecamatan Seginim Air Nipis, Bengkulu Selatan.

Dalam pembicaraannya, bang Hans memberikan masukannya dalam hal UMKM dapat dilakukan berusaha secara perorangan masyarakat desa maupun secara kolektif yang dikelola oleh pihak BUMD, serta menjelaskan secara detail teknik-teknik pemasaran hasil produksi usaha baik yang dilakukan secara konvensional maupun secara online (E-Commerce).

Dalam hal lain bang Hans juga memberikan gambaran kepada masyarakat desa akan petingnya pemahaman tentang “Ketahanan Pangan”, dalam skala kecil saja yaitu ketahanan pangan keluarga.

Dalam hal ketahanan pangan ini melalui perangkat desa, Bang Hans terus mendorong agar masyarakat desa membuat kelompok-kelompok kecil ketahanan pangan ini seperti KWT (Kelompok Wanita Tani), P2L (Pekarang Pangan Lestari), dll dimaksudkan agar masyarakat desa khususnya para ibu-ibu dapat membantu keluarga dalam penyediaan kebutuhan-kebutuhan akan pangan dengan cepat dan mudah dalam kesehariannya, sekaligus akan dapat memberikan semangat baru bagi masyarakat jika dilakukan secara berkelompok terlebih lagi jika diadakan lomba antar masing-masing kelompok.

Lanjut Bang Hans juga menjelaskan kepada masyarakat Desa Suka Maju akan pentingnya pengetahuan dasar dalam hal penanganan stunting serta dampak dari anak-anak jika masuk terkategori stunting serta pencegahannya.

Khusus untuk penanganan stunting ini bang Hans mengemban tugas dari Yayasan Fatmawati Sukarno di Jakarta untuk membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam percepatan penanganan stunting serta pencegahannya. (Manna, 10 November 2022)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.