Gubernur Rohidin Isi Ceramah Sholat Isya dan Taraweh Malam Pertama

Bengkulu, beritaterbit.com – Menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1444 H, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melaksanakan Sholat Isya dan Taraweh malam pertama bulan Ramadhan di Masjid Raya Baitul Izzah, Kelurahan Padang Harapan Bengkulu, (22/3).

Pada kesempatan itu, Gubernur Rohidin bertindak sebagai Khotib/penceramah Sholat Taraweh.

Dalam tausiyah-nya, Khotib H. Rohidin Mersyah menyampaikan bahwasanya puasa di bulan suci Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam dan diwajibkan kepada umat muslim untuk menjalankannya.

Kewajiban umat islam dalam menjalankan ibadah puasa tertulis di dalam Al-Qur’an yang tercantum pada Surah Al-Baqarah ayat 183-184.

“Wahai orang-orang yang beriman diiwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S Al Baqarah: 183),” sebut Khotib H. Rohidin.

Adapun makna kita menjalankan perintah puasa tersebut adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu dan perbuatan yang dilarang agama.

Selain itu kata Khotib Rohidin, puasa itu sebagai sarana untuk membersihkan diri, batin dan rohani sehingga jasmani dan rohani kita menjadi sehat.

Lanjutnya, dengan sehatnya jasmani dan rohani seseorang itu tentu akan kuat melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

“Manusia yang paling mulia di sisi Allah itu adalah manusia yang paling bertaqwa, yaitu orang yang sanggup menjalankan perintah Allah dan sanggup menjauhi larangan Allah,” tegasnya.

Sumber: MC Pemprov Bengkulu

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.