Gerakan Pramuka Bengkulu Launching Logo serta Maskot Kemah Bela Negara 2022

Bengkulu, beritaterbit.com – Provinsi Bengkulu siap mejadi tuan rumah Kemah Bela Negara (KBN) 2022. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya Logo serta Maskot KBN 2022 Provinsi Bengkulu oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Sabtu (26/11/2022) di Balai Raya Semarak Bengkulu. Sekaligus melepas Peserta Napak Tilas Perjuangan Rakyat Bengkulu.

Gubernur Rohidin berpesan kepada Kwarda Gerakan Pramuka Bengkulu agar menyiapkan semua kegiatan dengan sebaik-baiknya khususnya dalam hal admistrasi, perizinan juga transportasi seperti penerbangan.

Di mana jumlah peserta maupun tamu undangan yang akan hadir ke Provinsi Bengkulu akan meningkat drastis, karena juga akan digelar bersamaan denga Peringatan Hari Ibu Nasional yang dipusatkan di Provinsi Bengkulu.

“Koordinasi betul secara lintas sektor dan hirarki pemerintahan, karena ini menjadi agenda nasional di mana Bengkulu sebagai tuan rumah, maka koordinasi dengan Forkopimda, dengan instansi vertikal, dengan bupati/walikota. Tolong pastikan bahwa koordinasi dan sinergi berjalan terkait tanggung jawab kita sebagai tuan rumah,” minta Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin yang juga merupakan Ketua Majelis Pembina Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Bengkulu pada kesempatan ini berpesan tetap menjaga nama baik daerah. Keramahan, responsif, pemahaman wilayah, merupakan hal yang harus dimiliki tuan rumah.

Sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para tamu yang akan hadir. Hal ini menurut Gubernur Rohidin harus menjadi komitmen seluruh keluarga besar Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu untuk menyukseskan KBN 2022 di Provinsi Bengkulu.

“Komitmen ini betul-betul kita juga dengan ikhlas dengan penuh kesungguhan, diikat dengan rasa kebersamaan bahwa ini adalah tanggung jawab kita untuk menjadi tuan rumah yang baik, sehingga semua agenda berjalan dengan baik dan itu akan menjadi potret keberhasilan kita sebagai tuan rumah,” harap Gubernur Rohidin.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri yang juga merupakan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu menjelaskan, bahwa pemilihan logo dan maskot KBN 2022 ini mengangkat kearifan lokal di mana Logo KBN merupakan Bunga Rafflesia, sedangkan Maskot KBN adalah Ayam Burgo, salah satu hewan khas yang ada di Provinsi Bengkulu yang saat ini mulai terancam punah.

“Sekarang ini hampir punah, banyak masyarakat dan generasi milenial tidak tahu dengan Ayam Burgo. Dulu ayam Burgo ini di hutan di mana-mana ada, untuk itu kita angkat agar generasi muda tahu bahwa ada ayam khas Bengkulu itu Ayam Burgo, makanya kita angkat menjadi maskot kita di Kemah Bela Negara 2022,” jelas Hamka Sabri.

Terkait dengan kesiapan Kemah Bela Negara 2022, Hamka menjelaskan saat ini telah memasuki tahap pendaftaran Kwartir Daerah Seluruh Indonesia, sudah ada 14 Kwartir Daerah yang telah mendaftar di Kwarnas. Ditambahkan Hamka bahwa kuota yang diberikan berjumlah total 1600 termasuk Kwarcab.

Adapun lokasi kegiatan KBN akan dibagi menjadi 3 yakni Kabupaten Bengkulu Tengah di Desa Sri Kuncoro dan Sri Katon, lalu Seluma di Bukit Peninjauan 1 dan 2. Sedangkan kegiatan utama akan dilaksanakan di Kota Bengkulu.

“Kita harapkan teman-teman kwartir daerah gerakan pramuka se-Indonesia hadir di Bengkulu, kami gerakan pramuka 07 Bengkulu dan seluruh masyarakat menunggu kedatangan kakak-kakak anggota pramuka se-Indonesia di Bumi Rafflesia,” ajak Hamka Sabri.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.