Gelar Rakor, Ketum Suimi Fales: Asidewi Dilahirkan Untuk Mendorong Desa Wisata

Bengkulu, beritaterbit.com – Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales, SH.MH melaksanakan Rapat Koodinasi bersama seluruh pengurus Asidewi baik kota maupun daerah, dalam rangka memantapkan program kerja untuk mendorong kemajuan kawasan wisata desa di sejumlah daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Upaya untuk menggenjot program kerja dengan membangun sistem sosialisai dalam mengembangkan potensi ekonomi pariwisata di wilayah desa se-Provinsi Bengkulu terus dimatangkan. Hal ini disampaikan Politisi PKB Provinsi Bengkulu tersebut sai melaksanakan Raker bersama bersama pengurus Asidewi di Gedung Aula Kantor Pariwisata Provinsi Bengkulu pada Minggu pagi (06/02/2022).

“Rapat Koordinasi bersama dengan seluruh pengurus Asidewi se-Provinsi Bengkulu ini guna untuk membentuk program kerja kedepannya. Maka dari itu, untuk tahapan merintis dan mengembangkan desa wisata di seluruh daerah yang ada di Provinsi Bengkulu ini membutuhkan dukungan dari semua pengurus serta peran aktif pemerintah daerah yakni walikota, bupati, kepala desa (kades) dan stakeholder dalam mengembangkan desa wisata tersebut,” kata Suimi Fales.

Dikatakannya, model pengembangan desa wisata dianggap menjadi salah satu agenda pembangunan yang harus dipromosikan hingga ke tingkat nasional bahkan internaisonal, karena menurut Suimi Fales program ini cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Pengembangan desa wisata juga dianggap berhasil untuk menekan urbanisasi (perpindahan) orang desa ke kota. Ke depan, kami pun melihat bahwa pengembangan desa wisata akan menjadi tren dalam pembangunan wilayah. Tren ini merupakan respon terhadap motivasi baru dalam berwisata, terutama masyarakat di Provinsi Bengkulu maupun masyarakat dari luar daerah,” ungkapnya.

Selain itu, Wakil Rakyat Provinsi ini meminta dengan adanya pengembangan desa wisata di suatu wilayah diharapkan agar tumbuh klaster desa-desa yang menjadi basis pokok berbagai kebutuhan desa wisata yang bersangkutan. Misalnya, Desa Air Sebakul yang banyak potensi wisata perlu memasok produk pendukung seperti kerajinan dan kesenian lokal di wilayah desa itu sendiri.

“Dalam proses merintis desa wisata, kami dari Asosiasi Wisata Desa Indonesia (Asidewi) berharap masyarakat lokal berperan penting dalam pengembangan desa wisata karena sumberdaya, keunikan tradisi dan budaya yang melekat pada komunitas tersebut merupakan unsur penggerak utama kegiatan di desa wisata. Di lain pihak, selama ini kita melihat komunitas lokal yang tumbuh dan hidup berdampingan dengan suatu objek wisata menjadi bagian dari sistem ekologi yang berhubungan. Namun, pada kenyataannya sering terjadi pengabaian partisipasi masyarakat hanya menjadi objek (penonton) dalam pembangunan saja,” jelas Wan Sui panggilan akrabnya.

Terlebih lagi disampaikan Wan Sui, keberhasilan pengembangan desa wisata ini tergantung pada tingkat penerimaan dan dukungan dari masyarakat yang bertujuan nantinya akan berperan sebagai tuan rumah, bahkan bisa berperan sebagai pelaku usaha dalam pengembangan desa wisata dengan tahapan mulai dari perencanaan, pengawasan, dan implementasi,” sampainya

Sementara itu Kepala Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, Titin Sumarni yang juga baru bergabung dalam Asosiasi Wisata Desa Indonesia (Asidewi) yakni sebagai perwakilan Kabupaten di Bengkulu Tengah mengaku senang telah bergabung dan terlibat dalam mengembangkan objek wisata di wilayah desa.

“Saya sebagai Kepala Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat sangat mendukung dan berharap supaya pemerintah membantu atau mendorong terkait dengan pengelolaan kawasan wisata, karena potensi objek wisata di sekitar Taba Lagan tersebut sangat layak untuk dikembangkan dan bahkan sudah diminati oleh masyarakat yang berkunjung. Jadi objek wisata itu juga bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan PAD seperti di daerah lain,” ungkap Kades Sumarni. (adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.