Gelar Pasukan Penanggulangan Karhutlah dan Bencana Alam Lahat

Lahat, beritaterbit.com – Bertempat di halaman Mapolres Lahat, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pdi menghadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutlah) dan Bencana Alam, Kamis (25/02). Diawali dengan pengecekan pasukan dan kendaraan oleh Kapolres Lahat dan seluruh unsur forkompimda dalam mengantisipasi apabila terjadinya karhutlah di wilayah Kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pdi, Kapolres Lahat AKBP. Ahcmad Gusti Hartono, S.I.K, Pasi Ops Kodim 0405/Lahat Kpt Inf Heru Winardi, Kasat Pol-PP dan Damkar Fauzan Khoiri, Kasat Intel Polres Lahat M. Maulana, Kaban Kesbangpol Surya Desman serta peserta apel.

Kapolres Lahat AKBP. Ahcmad Gusti Hartono, S.I.K dalam arahannya menyampaikan bahwa musim pancaroba di wilayah Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Lahat akan mengalami masa dimana akan ditandai dengan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di beberapa wilayah di Kabupaten Lahat.

Di setiap wilayah atau daerah pasti memiliki potensi bencana, karena bencana dapat disebabkan berbagai faktor, baik itu faktor alam, non alam maupun oleh ulah manusia. Sedangkan bencana yang disebabkan faktor alam sangatlah sulit untuk diprediksi dan diantisipasi sehingga tindakan yang dilakukan adalah upaya penanggulangan saat terjadinya bencana maupun pasca bencana.

Oleh karena itu, pemerintah daerah bersama instansi terkait lainnya harus mampu memberdayakan kekuatan personel dan peralatannya sehingga dapat digerakan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahat serta bencana alam di Kabupaten Lahat.

“Hal ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah, namun peran serta semua elemen masyarakat untuk ikut andil dalam pencegahan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di Kabupaten Lahat,” katanya.(ltr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.