Gelar BIC ke-VI, IAIN Batusangkar Hadirkan Narasumber dari Dalam dan Luar Negeri

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar kembali menggelar Batusangkar Islamis Confrence (BIC) ke -VI secara daring via zoom dan disiarkan langsung melalui Youtobe yang dimulai Senin, 11 Oktober 2021- Selasa, 12 Oktober 2021 hari ini.

BIC ini digelar dalam rangka menjawab tantangan moderasi beragama baik di tingkat lokal, nasional maupun global dengan menolak ekstremisme dan liberalisme dalam beragama yang merupakan kunci keseimbangan untuk terciptanya kedamaian umat beragama.

Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, Dr. Suswati Hendriani, M.Pd mengatakan ‘’BIC VI tahun 2021 ini kita akan menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidangnya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri’’.

BIC yang digelar kali ini mengangkat tema “Strengthening Life Harmony in 4.0 Era” .

Pada BIC VI ini IAIN Batusangkar menghadirkan Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah sebagai Pembicara Utama dan Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra (Lawyer and Politician, Indonesian), Prof. Dato’ Dr. Noriah Mohd Ishak (Honorary Fellow, Women Leadership Centre, UKM, Malaysia), Prof. Dr. Asad Zaman (Pakistan Institute of Development Economics, Pakistan), Prof. Dr. H. Hasan Zaini, M.A (State Institute for Islamic Studies Batusangkar, Indonesian), Prof. Dr. Faisal Mahmoud (University of the Holy Quran and Islamic Sciences, Sudan) masing-masing sebagai Plenary Speaker.

Adapun subtema yang akan dibahas dan disampaikan pada diskusi panel antara lain: Science and Life Harmony in 4.0 Era, Technology Literacy and Life Harmony in 4.0 Era, Engineering and Life Harmony in 4.0 Era, Law and Life Harmony in 4.0 Era, Economics and Life Harmony in 4.0 Era, Education and Life Harmony in 4.0 Era, Religion and Life Harmony in 4.0 Era dan Social Science and Life Harmony in 4.0 Era.

Terkait BIC ke VI ini, Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan bahwa kehadiran para pakar dari berbagai negara, baik sebagai Participant, Presenter apalagi sebagai Keynote Speaker dan plenary dari kalangan para Pendidik, Peneliti, Akademisi, Politisi, Mahasiswa Pascasarjana, untuk berpartisipasi dalam Batusangkar Islamis Confrence (BIC) ke VI maka diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan IAIN Batusangkar kedepan.

“Kami menyadari bahwa untuk mencapai mimpi besar untuk menuju Perguruan Tinggi yang Integratif dan Interkonetif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global, yang tertuang dalam Visi IAIN Batusangkar itu semua tidak mudah, maka pimpinan IAIN Batusangkar memandang bahwa Batusangkar International Conference (BIC) sangat strategis mengikat perkembangan zaman saat ini, apalagi IAIN Batusangkar sedang dalam bertranformasi menuju UIN Batusangkar,” ungkapnya.

Marjoni berharap dengan digelarnya BIC ini dapat terwujud toleransi dan kerukunan beragama baik ditingkat lokal, nasional maupun global dan dapat mewujudkan mimpi IAIN Batusangkar menjadi Perguruan Tinggi yang Integratif dan Interkonetif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal dan Bereputasi Global. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.