Gedung Baru IBI Diresmikan Pj Sekda Trenggalek

Trenggalek, Beritaterbit.com – Pj Sekda Trenggalek, Dr. Andriyanto,SH.,M.Kes meresmikan gedung baru Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Trenggalek di dampingi Direktur RSUD dr. Soedomo Trenggalek serta Ketua IBI Trenggalek, Jum’at (24/6/2022).

Pejabat (Pj) Sekda Trenggalek berharap banyak terhadap keberadaan Bidan Trenggalek. Tidak hanya menekan angka kematian dan kesakitan ibu dan anak baru lahir saja, melainkan mendampingi mulai dari proses kehamilan hingga persalinan. Anak mulai menyusui hingga usia 2 tahun.

Pj. Sekda menyampaikan, “Tentunya pada saat ini setelah lepas dari pendemi Covid-19 maka tenaga kesehatan utamanya Bidan paling terdepan dalam memberikan pelayanan optimal untuk menjaga masyarakat lebih sehat,” ucapnya.

Pj Sekda menambahkan, “Ketika kita berbicara angka kematian dan kesakitan ibu serta bayi baru lahir, ini menjadi persoalan utama. Karena angka kematian dan ibu serta bayi baru lahir kemudian stunting menjadi sangat strategis. Karena profesi bidan tidak hanya sekedar persoalan mengawal melahirkan dengan selamat saja, ibu menyusui hingga anak usia 2 tahun guna menjadikan manusia hebat,” tambahnya.

Direktur RSUD dr. Soedomo Trenggalek, dr. Rofiq Hindiono menambahkan, bidan sendiri merupakan profesi sentral, utamanya dalam upaya mewujudkan salah satu misi RPJMD utamanya Gerbang Angkasa Biru (Gerakan Perbaikan Gizi dan Pendampingan Upaya Akselerasi Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir).

dr. Rofiq melanjutkan, Pemerintah akan meningkatkan kepedulian terhadap profesi ini sekaligus meningkatkan pelayanan dalam upaya menurunkan angka kematian, kesakitan ibu dan bayi baru lahir.

Ketua IBI Trenggalek Suharti sepakat dengan Pj Sekda Trenggalek untuk bisa memberikan pelayanan yang baik. “Tentunya ptofesi bidan bisa terus ditingkatkan kapasitasnya, IBI dituntut sampai tahun 2026 nantinya dan bisa menempuh pendidikan profesi untuk bisa praktik kebidanan,” pungkasnya. (SG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.