Festival Tabut Bengkulu 2023 Libatkan 1000 Pelajar dan Seniman

Bengkulu, beritaterbit.com – Festival Tabut Bengkulu Tahun 2023 digelar selama 10 hari mulai dari 1 hingga 10 Muharram setiap tahunnya atau tanggal 19 Juli sampai dengan 28 Juli 2023. Festival ini melibatkan sedikitnya 1000 seniman dan pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Saidirman melalui Kabid Dikbud Adang Parlindungan mengatakan, ada 25 pagelaran yang melibatkan 1000 orang pelajar dan seniman.

“Seperti keinginan kita bersama Festival Tabut Bengkulu, diharapkan dapat terus naik kelas dari semua aspek yang ada. Untuk itu Dikbud Provinsi Bengkulu melakukan persiapan sebaik mungkin yang melibatkan para pelajar skala Internasional,” ujar Saidirman.

Selain adanya Prosesi Tabut Sakral dan dimeriahkan oleh Tabut Budaya (Agenda tetap Tabut KKT) juga disiapkan pengisian acara seperti Tari-tarian kolosal tradisional dan modern, atraksi penampilan pakaian adat kabupaten/kota bahkan ada juga penampilan Baron Landong dan Ondel Ondel dari Jakarta.

Untuk pergelaran tersebut para seniman dan pelajar se-Provinsi Bengkulu bahu membahu menyukseskan kegiatan tersebut. Selain Bazar Tabut dan stand UMKM, untuk parade pembuangan Tabut diisi dengan parade drumband. Ada juga lomba desain dan peragaan busana kain besurek.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap dengan KKT Bencoolen sebagai pewaris juga pengelola, dapat saling menguatkan mensukseskan Tabut 2023.

Selain itu, diharapkan ikut melestarikan budaya serta menggerakan ekonomi masyarakat Bengkulu pasca covid dengan datangnya wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.