Fase New Normal, Ayo Jaga Hidup Sehat

Pemberlakukan fase adaptasi new normal atau kebiasaan baru di saat Pandemi Covid-19 ini disambut baik oleh masyarakat pada umumnya, sistem new normal ini masyarakat tidak lagi diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan roda perekonomian pun sudah mulai berangsur pulih.

Akan tetapi fase new normal beberapa kalangan masyarakat menyambutnya dengan cara yang berlebihan, salah satunya tidak ialah tidak mematuhi protokoler kesehatan seperti menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah, akibatnya warga terpapar Covid-19 pada beberapa Provinsi meningkat secara drastis.

Menyikapi fenomena yang terjadi saat ini, pemerintah di masing-masing daerah langsung mengeluarkan aturan perihal wajibnya menggunakan masker dan tetap menjaga jarak, pemerintah pun sekarang sudah melakukan patroli gabungan, yang terdiri dari BPBD Kaur, Satpol PP Kaur, Polres Kaur, Kodim 04/08 BS-Kaur, dan Tim Kesehatan, kegiatan ini bertujuan untuk menertibkan warga yang tidak menggunakan masker dan memberikan sangsi kepada warga yang melanggar berupa denda.

Dituturkan oleh Kepala BPBD Kaur yang merupakan Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kaur, Ujang Syafiri, S.Pd, S.IP, pada fase new normal ini kita bersama tim gabungan rutin melakukan patroli kepatuhan warga pada protokol kesehatan.

“Kita sekarang sudah melakukan patroli agar warga mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, dengan cara gunakan masker saat pergi ke luar rumah dan saat beraktifitas, untuk tahap pertama kita masih melakukan sosialisasi seperti memberikan teguran kepada warga yang tidak menggunakan masker, setelah selesai kita sosialisasikan kepada warga, tahap selanjutnya langsung kita menerapkan sangsi bagi warga yang tidak menggunakan masker, sangsi ini sudah tertuang dalam berbagai turunan peraturan pemerintah”. Kata Ketua Pelaksana Harian penanganan Covid-19 Kaur, Kamis (16/10).

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azuar, S.Sos, menjelaskan bahwa salah satu cara agar kita tidak mudah terpapar Covid-19 ialah dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

“Agar kita tidak mudah terpapar Covid-19 ialah dengan cara terus mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, pola hidup sehat disini dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi secara seimbang, beristirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan berjemur pada pagi hari”. Jelas Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Jum’at (17/10).

Tambah Kadis Kesehatan ini, aktivitas berjemur ini sangatlah dianjurkan oleh para ahli kesehatan, hal ini dikarenakan sinar ultraviolet (sinar uv) terkhusus uv B, sangatlah membantu pembentukan vitamin D pada tubuh kita.

“Vitamin D berfungsi untuk memaksimalkan pembentukan tulang, dan dapat melindungi fungsi Hemeostasis Imunitas atau bahasa awamnya sistem kekebalan tubuh”. Ujar Kadis Kesehatan Kaur. (S100)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.