Eka Putra: FPM Bukti Tanggung Jawab Pemda dalam Melestarikan Budaya Minangkabau

Tanah Datar, beritaterbit.com – Bupati Tanah Datar pada saat acara Pembukaan Festival Pesona Minangkabau (FPM) ke VI tahun 2023 yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung, Kamis (07/12) dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan FPM merupakan wujud tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam melestarikan Budaya Minangkabau.

Diketahui Tanah Datar yang dijuluki “Luhak Nan Tuo” merupakan Pusat Kebudayaan Minangkabau, juga sebagai wilayah tertua tempat asal-usul etnis Minangkabau.

Eka Putra katakan, pelaksanaan FPM ini adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan Budaya Lokal agar tidak pupus digerus zaman.

“Festival Pesona Minangkabau ini melestarikan Budaya Minangkabau, karena Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau. Melalui event ini, di tampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal seantero Nusantara dan bahkan ke Dunia Internasional,” ujar Eka Putra.

“Kita berharap agar dari bumi ranah Minang muncul api semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan seni budaya Minangkabau, semoga kegiatan ini akan jadi pemicu dan pendorong bagi kita semua untuk memajukan seni tradisional yang seakan-akan terlupakan,” pungkasnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.