Dukung Penguatan Satu Data Indonesia, Pemkab Tanah Datar Gelar Sosialisasi dan Bimtek Nagari Statistik

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Dalam rangka mendukung Penguatan Satu Data Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Datar bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi dan Badan Pusat Statistik Tanah Datarmengg gelar Sosialisasi dan bBimbingan Teknis (Bimtek) Nagari Statistik bagi Perangkat Nagari di Kecamatan Salimpaung dan Kecamatan Lima Kaum.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis-Jumat (29-30/9/2022) ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Helfi Rahmi Harun mewakili Bupati Tanah Datar Eka Putra, dan dihadiri oleh Kadis Kominfo Sumatera Barat atau yang mewakili sekaligus Narasumber, Sekretaris Kominfo Tanah Datar, Kepala Baperlitbang, Kepala BPS Tanah Datar, jajaran Dinas Kominfo Tanah Datar, Wali Nagari se-Kecamatan Salimpaung dan undangan lainya.

Dalam sambutannya, Rahmi mengatakan sebagaimana peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), Pemkab Tanah Datar mendukung penguatan tersebut dimulai dari pemerintahan nagari dan kecamatan.

“Dengan harapan akan menghasilkan data Kabupaten Tanah Datar menuju satu data Indonesia yang terpadu, mudah diakses, dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan,” katanya.

Salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kata Rahmi, untuk penguatan satu data Indonesia, pemerintah daerah telah menetapkan peraturan Bupati Tanah Datar no 3 tahun 2022 tentang penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat daerah.

Pemkab Tanah Datar juga telah menetapkan Nagari Cubadak sebagai nagari statistik percontohan di tahun 2021.

Diharapkan dengan mengikuti Sosialisasi dan Bimtek tersebut, Perangkat Nagari dan Kecamatan lebih paham statistik dan dapat melahirkan komunitas cinta statistik di nagari ataupun kecamatan.

“Sehingga dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan sehingga berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi dan program-program yang ditawarkan oleh pemerintah menjadi tepat sasaran,” harapnya.

Sebelumnya Kadis Kominfo yang diwakili Sekretaris Lovely Harman Z, ST. MT menyampaikan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Nagari Statistik dilakukan bagi perangkat nagari se- Kecamatan Salimpang dan Lima Kaum. Tujuannya agar Perangkat Nagari dan Kecamatan lebih memahami statistik dan dapat melahirkan komunitas yang melahirkan statistik. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.