Dr Syahminan MA Khatib Hari Raya Idul Fitri Di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Berdadarkan surat dari Pemerintah Provinsi Aceh yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Bustami SE, M.Si bahwa pelaksanaan Shalat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H/Tahun 2023 M di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan bertindak sebagai Khatib Dr Tgk Syahminan S.Ag, M.Ag dosen Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Arraniry Darussalam, Banda Aceh. Sementara Imam Shalat Tgk H Zamhuri Ramli SQ, MA yang merupakan Imam Besar Masjid Raya Banda Aceh.

Kemudian Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh Dr. EMK Alidar mengatakan bahwa tempat Shalat Idulfitri bisa saja dirubah ke Lapangan Blang Padang Banda Aceh yang jauhnya sekitar 400 meter dari Masjid Raya Baiturrahman agar semua jamaah tertampung. Ini kalau cuaca bagus. Tapi kalau kondisi hujan tetap di Masjid Raya Baiturrahman.

Dalam surat edaran tersebut bahwa pelaksanaan shalat Idulfitri pada Hari Sabtu, tanggal 22 April 2023 pukul 07.00 wib. Dengan mengusung tema “Memaknai secara Benar Hakikat Hari Raya Idul Fitri”.

Sementara kabar yang beredar dikalangan masyarakat bahwa belum ada kepastian yang tepat terkait Hari Raya Idulfitri 1444 H antara hari jumat tanggal 21 April atau sabtu tanggal 22 April. Sebab masih menunggu Isbat dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama tentang Hilal bulan masuk Syawal.

Ulama Kharismatik Aceh pimpinan Dayah Mudi Samalanga Waled Abu Syeh H Gasanoel Basri atau Abu Mudi minta agar menunggu penetapan Hari Raya Idulfitri 1444 H hasil sidang Isbat oleh Kementrian Agama pada Jumat malam pukul 20.00 wib. Mari bersabar dan kita dapat mengambil Iktibar dan hikmah dari sebuah kenyataan akan perbedaan ini. Sebab menjalankan puasa taksirannya satu bulan bukan jumlah hari 29 atau 30. Yang diharapkan dengan berhariraya dengan saling maaf memaafkan, saling kunjung mengunjungi dan bersilaturrahmi.

Penyusun: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.