dr. Suir Syam, Anggota Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Germas Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19

TanahDatar(SUMBAR),beritaterbit.com -Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid- 19. Acara digelar di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Sabtu (23/10).

Kegiatan yang dilaksankan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan percepatan Vaksinasi Covid-19 ini diikuti oleh masyarakat Tanah Datar, khususnya dari Kecamatan Lima Kaum.
Ratusan masyarakat tampak antusias untuk mengkuti kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini.

Acara dihadiri oleh Perwakilan dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, Eko Budi Yunihasto, SKM, M.Kes, Sanitarian Direktorat Kesehatan Lingkungan; Perwakilan Dinkes Provinsi Sumatera Barat Wiwi Febriani, SKM, M.Si; Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinkes Tanah Datar dr. Hj. Yesrita Zendrianis, M.Kes; Camat Lima Kaum; Kapolsek Lima Kaum; Wali Nagari Baringin; Niniak Mamak; Cadiak Pandai serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadinkes Tanah Datar dr. Yesrita Zendrianis menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI yang telah menggagas kegiatan Sosialisasi Germas Protokol Kesehatan dan Vaksinsi Covid-19.

‘’Terima kasih kepada Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI dan juga Bapak Anggota DPR-RI kita, Pemprov yang telah bekerjasama sehingga kegiatan Sosialisasi Germas Protokol Kesehatan dan Vaksinsi Covid-19 hari ini dapat dilaksanakn di Tanah Datar’’ ujar Yesrita.

Yesrita yang sekaligus membuka acara secara resmi, juga sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar saat ini sedang giat-giatnya melakukan aksi pemberian Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat yang dilakukan Pemerintah Tanah Datar sendiri, Polri, TNI dan Partai Politik yang ada di Tanah Datar serta berbagai organisasi lainnya yang turut berkontribusi menyelenggarakan kegiatan pemberian vaksininasi Covid-19.

Yesrita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengejar ketertinggalan Kabupaten Tanah Datar dalam mencapai sasaran pemberian vaksin kepada masyarakat, sehingga Vaksinasi di Tanah Datar dapat mencapai jumlah yang ditargetkan.

Kepada masyarakat yang mengikuti vaksin, Yesrita berharap agar dapat menjadi pelopor/ agen perubahan yang mampu membawa dan menyadarkan warga Tanah Datar akan pentingnya Vaksinasi Covid-19 bagi kesehatan.

Sementara itu dr. Suir Syam mengatakan, kegiatan Sosialisasi Germas dan Vaksinasi ini diarahkan ke sejumlah Kabupaten dan Kota yang berada pada level tinggi penularan Covid-19 dan pencapaian target pemberian vaksinnya rendah, salah satunya adalah Kabupaten Tanah Datar.

‘’Vaksinasi kini sudah harus dipahami oleh setiap masyarakat bahwa Vaksinasi itu menjadi yang penting dilakukan dalam rangka pencegahan Covid 19. Karena kondisi saat ini Covid-19 merupakan ancaman yang luar biasa yang mengakibatkan banyak orang di dunia. Apalagi hampir seluruh negara di dunia ini diserang Covid. Karena itu seluruh Negara yang ada di dunia ini berusaha agar masyarakatnya keluar dari ancaman Covid- 19 ini’’ jelasnya.

Oleh sebab itu, untuk pencegahan perkembangan covid-19, Pemerintah mengarahkan pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat. Menurut penelitian para ahli jika di suatu daerah masyarakatnya sudah divaksin mencapai 70 % vaksin ke II, maka ancaman virus Covid-19 akan berkurang.

Kepada Wartawan disela-sela kegiatan itu, H. Suir Syam mengatakan bahwa di Sumatera Barat khususnya di daerah – daerah tertentu perlu masyarakatnya mendapatkan sosialisasi tentang kesehatan, khususnya dalam rangka mengatasi perkembangan Covid-19 yang merupakan wabah penyakit menular yang membahayakan ini.

‘’Untuk di Sumatera Barat kami ada bertiga orang, saya sendiri, kemudian dari Golkar dan Ade Rizki Pratama Dapil II. Sasaran kita adalah Padang, Padang Panjang dan Tanah Datar, karena daerah ini yang kurang persentase pencapaian Vaksinasi Covid-19. Di Padang sudah tiga kali dan Alhamdulillah sekarang sudah lebih dari 50 % , Padang Panjang 75 % dan untuk di Tanah Datar yang masih 22 % akan kita lakukan hari ini dan besok’’ jelasnya.

H. Suir Syam berharap semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat termotivasi untuk melakukan vaksinasi, sehingga sasaran 70 % dapat tercapai di Tanah Datar, sehingga terjadi kekebalan yang menyeluruh/Kekebalan Kelompok (Herd Immunity).

H. Suir Syam juga berpesan kepada Pemda Tanah Datar agar lebih fokus dalam melaksanakan program Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, karena vaksin sangat erat hubungannya dengan ekonomi dan juga ibadah. ‘’Apalagi Tanah Datar untuk vaksin pertama baru 22 % dan 12 % yang kedua, jadi masih jauh. Jadi diharapkan agar Pemda, Pak Bupati untuk lebih fokus ya untuk menyukseskan Vaksinasi ini’’. harapnya. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.