Disperindag Kabupaten Nganjuk Gelar Sosialisasi Pemindahan Pedagang Pasar Kertosono

Nganjuk, beritaterbit.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Nganjuk melaksanakan kegiatan sosialisasi pemindahan pedagang Pasar Kertosono dari pasar relokasi ke Pasar Kertosono baru, Kamis (16/3/2023) yang bertempat di halaman Kecamatan Kertosono.

Turut hadir Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko beserta jajarannya, Ketua Komisi II DPRD Nganjuk, Camat serta Forkopimcam Kertosono, juga para pedagang Pasar Kertosono yang bakal menempati pasar baru.

Sosialisasi ini terdiri dari validasi data para pedagang dan penentuan lapak di Pasar Kertosono yang baru. “Sebagai syarat utama membawa surat undangan dan fotokopi KTP untuk validasi dan penentuan lapaknya,” kata Haris Jatmiko.

Masih kata Haris, terkait fasilitas umum kurang memadai pihaknya meminta maaf dan nantinya perlahan akan dibenahi.

“Namun setidaknya sudah ada upaya pembangunan dari Pemkab Nganjuk, upaya tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada para pedagang yang ada di wilayah Kertosono,” ujarnya.

“Tahun 2019 rencananya mulai proses rehab, namun karena pandemi akhirnya mengalami penundaan. Alhamdulillah baru pada tahun 2021 hingga pada tahun 2022 dapat dilaksanakan penyelesaian lantai dasar. InsyaAllah sarana dan prasarana sudah siap,” pungkasnya.

Akibat peristiwa kebakaran Pasar Kertosono pada tahun 2017, dari total 991 lapak yang ada di Pasar Kertosono lama, terdapat sebanyak 773 lapak yang terdampak. Dengan jumlah lapak yang tersedia di Pasar Kertosono baru yang berjumlah 563 lapak yang memiliki lapak lebih dari satu, untuk sementara diberikan hanya satu lapak per Kartu Keluarga.

Mashudi Nurul Huda, Camat Kertosono mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Nganjuk. Dalam hal ini pihaknya berharap perpindahan lapak para pedagang Pasar Kertosono dari pasar relokasi ke Pasar Kertosono baru bisa membawa rejeki dan dampak ekonomi pada seluruh pedagang dan masyarakat di wilayah Kertosono.

“Untuk proses penempatan dan undian lapak mohon diikuti sesuai aturan. Meskipun kurang puas, minimal kondisi pasar sudah tidak kumuh lagi dan pemerintah sudah peduli dengan para pedagang di Kertosono yang terdampak kebakaran tahun 2017 lalu,” pungkasnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.