Diprakarsai Iwatar Nusantara, Warga Atar Gelar Goro Pembersihan Lokasi Pembangunan Mushala

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Tidak dipungkiri, peranan dan sumbangsih Perantau memang sangat besar dan sangat menentukan keberhasilan Pembangunan di Kampung Halaman. Sebagaimana kita ketahui ,Sumatera Barat Khususnya Tanah Datar tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa dijadikan sebagai pemasok Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu yang bisa digali dan diharapkan untuk penyumbang PAD adalah melalui Sektor Pariwisata.

Meskipun belum maksimal, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar hingga ke Tingkat Nagari terus berupaya untuk menghidupkan pariwisata Tanah Datar agar bisa menarik minat wisatawan.

Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting salah satunya. Dengan didukung penuh Ikatan Perantau Atar (Iwatar Nusantara), Nagari Atar terus berbenah. Spwrt6i belum lama ini, sejak dihidupkannya Potensi Wisata Talago Biru, Nagari Atar juga telah berpartisipasi menyukseskan Program Pemerintah Daerah yaitu Satu Nagari Satu Event dengan mempersembahkan Gebyar Talago Biru.

Kali ini Perantau Atar yang tergabung dalam Iwatar Nusantara kembali memberikan sumbangsihnya terhadap Nagari Atar. Iwatar Nusantara akan membangun Mushala di Glogah, Jorong Taratak XII.

Mempersiapkan pembangun tersebut, Iwatar Nusantara bersama masyarakat Nagari Atar melakukan Gotong-royong (Goro) pembersihan lahan untuk pembangunan mushola tersebut, Minggu (02/10).

Dikatakan Ketua Iwatar Nusantara H. Yusparman, tujuan pembangunan Mushola di perbatasan, di lokasi Glogah, Jorong Taratak XII ini agar bisa memberi nilai manfaat bagi masyarakat di bidang agama, juga untuk menghilangkan rasa takut pengguna Jalan Raya Atar menuju Setangkai yang notabene pesawangan pada umumnya. Selain itu juga akan menjadi salah satu tempat wisata kedepannya.

H. Yusparman berharap dengan adanya
pembangunan ini diharapkan kedepannya bisa menjadi lahan ekonomis bagi masyarakat Nagari Atar kedepannya.

Pembangunan Mushala ini murni dibiayai oleh Iwatar Nusantara sebagai salah satu wujud kepedulian perantau terhadap pembangunan tempat Ibadah di kampung halaman.

“Ini adalah wujud kepedulian kami
perantau terhadap kampung halaman, dan Insya Allah kedepannya kami akan selalu memberikan dukungan penuh terhadap Program-Program Pemerintah Nagari Atar khususnya dan Program Pemerintah Daerah Tanah Datar,” tambahnya.

Halyu Pardi, Wali Nagari Atar yang juga turun lansgung mengikuti kegiatan Goro tersebut mengatakan, selaku Wali Nagari menyambut baik semua bentuk bantuan dan sumbangsih seluruh perantau Atar terhadap kampung halaman.

“Atas nama Pemerintah Nagari, Saya sangat berterima kasih, sangat mengapresiasi dan mendukung, karena tidak semua pembangunan bisa dilaksanakan dengan dana Pemerintah Nagari sekaligus. Jadi dengan keterbatasan anggaran maka kami Pemerintah Nagari sangat berterima kasih sekali kepada Iwatar Nusantara yang selalu peduli terhadap kampung halaman. Semoga tujuan baik perantau bisa bwrjalan dengan lancar dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat Atar khususnya dan masyarakat sekeliling pada umumnya,” ungkap Halyu Pardi.

Tampak masyarakat bahu membahu dalam kegembiraan melakukan Goro pembersihan lokasi untuk pembangunan Mushola.

Goro juga dihadiri Ketua Iwatar Nusantara, Wali Nagari, Pemuka Masyarakat dann Pemuda Taratak XII. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.