Dinas PMD Provinsi Dorong Program Kuliah Gratis Bagi Perangkat Desa

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Pemberdayaan Masyakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu mendorong program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi perangkat desa yaitu kuliah gratis, yang di inisiasi Gubernur Bengkulu Rohiidn Mersyah.

Menurut Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu R.A Denni, program kuliah gratis tersebut dibiayai oleh pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut sangatlah baik untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dari perangkat desa.

Adapun saat ini, jelasnya, pemerintah telah menyiapkan 100 orang perangkat desa, baik Kepala desa maupun anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) yang ada di seluruh Kabupaten untuk di kuliahkan di Universitas Terbuka (UT) Bengkulu.

Diakuinya, program ini sudah dimulai pada tahun lalu, namun dikarenakan terkendala rekomendasi dari UT pusat, maka kuliah gratis tersebut sempat tertunda.

“Kami telah berkoordinasi dengan UT pusat dan Alhamdulillah pihak UT Bengkulu telah mendapatkan rekomendasi untuk pelaksanaan program kerjasama dengan pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut,” jelas R.A Denni, saat usai menghadiri acara Peringatan Hari Gerak PKK, di Hotel ternama Kota Bengkulu, Rabu (31/5).

Lanjutnya, untuk pendaftaran kuliah gratis tersebut sudah dimulai pada awal bulan Juni ini dan di bulan September nanti akan dilaksanakan kuliah gratis pertama.

“Nanti Insya Allah pada kuliah umum pertamanya akan di isi langsung oleh Gubernur Rohidin Mersyah,” sebut Denni.

Ketua PPDI Ibnu Majah dan Direktur UT Bengkulu

Diungkapkannya, banyak perangkat desa yang antusias untuk mendaftarkan diri, namun untuk tahap pertama ini karena terbatas angggaran maka baru bisa diakomodir untuk 100 orang perangkat desa.

“Tahun ini karena terbatas anggaran, kita hanya plot untuk 100 orang perangkat desa dengan biaya satu semestar untuk satu orang sebesar 280 juta,” ungkap mantan Sekretaris Kabupaten Rejang Lebong ini.

Dirinya berharap, dengan program kuliah gratis dari pemerintah Povinsi Bengkulu ini dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi dari perangkat desa, sehingga nanti ilmu yang didapatkan bisa diterapkan untuk membangun desanya.

Di sisi lain, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi Bengkulu Ibnu Majah, menyambut baik program yang diberikan oleh Gubernur Bengkulu selaku pimpinan Provinsi Bengkulu. Menurutnya, dengan adanya program kuliah gratis untuk perangkat desa tersebut bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi perangkat daerah.

“Kami dari perangkat desa menyambut baik program gubernur untuk kuliah gratis itu, apalagi kuliah tersebut sangat baik bagi peningkatan kualitas SDM perangkat daerah,” kata Ibnu Majah, yang juga menjabat sekretaris desa ini.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu karena telah membiayai kuliah di UT Bengkulu secara gratis.

“Kami berharap kedepannya nanti, kuliah gratis ini dapat terus dilanjutkan, sehingga kami perangkat desa bisa lebih memilki wawasan tentang bagaimana membangun desa yang baik dan benar,” demikian Ibnu Majah.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.