Dinas PMD Provinsi Bengkulu Kuliahkan 100 Kades Gratis di Universitas Terbuka

Bengkulu, beritaterbit.com – Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu R.A. Denni mengatakan akan menguliahkan sebanyak 100 orang kepala desa dari seluruh Kabupaten untuk mengikuti jenjang S1 di Universitas Terbuka (UT).

Kuliah gratis ini diadakan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu agar pimpinan desa semakin cakap merencanakan dan menggunakan anggaran desa.

“Mendorong kades untuk kuliah S1 sangat berat. Mereka didesak harus ada ahli keuangan desa dan perencanaan serta pemerintahan. Mekanisme kuliahnya sedang kita atur dengan Universitas Terbuka,” ujar Denni, Senin (10/10).

Sementara itu, untuk proses saat ini masih menunggu rekomendasi dari Kementrian Desa. Untuk anggaran perkuliahan yang akan dibayarkan langsung kepada Universitas Terbuka nanti sebesar Rp 2,8 juta persemester untuk 100 kepala desa dari seluruh kabupaten.

“Pada bulan Juni lalu kita sudah menyeleksi hampir 200 berkas peserta pendaftar. Selanjutnya pihak Universitas Terbuka untuk memilih 100 orang kepala desa yang akan dikuliahkan secara gratis,” katanya.

Ditambahkan Denni, Kades yang terpilih akan berkuliah pada angkatan pertama ini secara online selama 5 semester hingga menamatkan jenjang S1-nya.

Pihaknya berharap, dengan adanya program kuliah bagi Kades ini akan membawa dampak positif bagi peningkatan sumber daya manusia khususnya aparatur sipil desa. (R)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.