Dinas PMD Provinsi Bengkulu Ikuti Lomba Memasak untuk Melestarikan Budaya Lokal

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu menunjukkan antusiasme yang tinggi saat mengikuti lomba memasak makanan yang diadakan oleh UPTD Museum Negeri Bengkulu pada Selasa (23/5). Lomba tersebut dianggap sebagai suatu kesempatan yang baik dalam rangka melestarikan budaya lokal, terutama dalam bidang kuliner.

Dalam lomba yang diadakan, makanan-makanan tradisional Bengkulu menjadi pusat perhatian. Salah satu makanan yang disajikan adalah lemea atau rebung asam, yang terkenal dengan rasa asam segarnya yang khas.

Dengan melibatkan masyarakat dan desa-desa di sekitar, lomba ini menjadi ajang untuk mempromosikan kekayaan kuliner Bengkulu yang unik.

Kepada beritaterbit.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu R.A Denni, menyatakan bahwa lomba memasak tersebut sangat penting dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal.

“Lomba ini adalah langkah positif dalam menjaga dan mengangkat nilai-nilai kuliner tradisional Bengkulu. Melalui kompetisi seperti ini, kita dapat mempromosikan kekayaan dan keunikan kuliner daerah kita kepada masyarakat lebih luas,” ujar R.A Denni.

Menariknya, salah satu makanan yang turut meramaikan lomba ini adalah rendang lokan, sebuah hidangan yang terbuat dari daging kerang khas Bengkulu.

Rendang lokan memiliki cita rasa gurih yang khas dan menjadi salah satu kuliner yang dianggap sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan.

Partisipasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu dalam lomba ini memberikan dukungan yang kuat bagi UPTD Museum Negeri Bengkulu. Hal ini menunjukkan kolaborasi antara lembaga pemerintah dan instansi budaya untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan kuliner Bengkulu yang tak ternilai.

Diharapkan, melalui lomba memasak ini masyarakat Bengkulu dapat semakin mengenal, menghargai dan mempraktikkan kuliner tradisional.

Lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya dan kuliner lokal. Sehingga generasi mendatang tetap bisa menikmati kelezatan dan keunikan makanan tradisional Bengkulu yang berlimpah.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.