Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Bercerita

Berita Terbit Lampung Barat – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat, serahkan hadiah  pemenang lomba bercerita dan berpidato tingkat anak sekolah, di ajang Liwa Fair 2018,  Kawasan Sekuting Terpadu (22/9).

Sekretaris Dinas, Drs Sandarsyah mewakili  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs Saripan Halim  MM mengatakan, rangkaian lomba usai  dilaksanakan.  “Ada tiga rangkai kegiatan pada perhelatan ini.  Lomba bercerita rakyat Lampung tingkat SD/MI Kelas III, IV dan V. Lalu Lomba Berpidato Berbahasa Lampung tingkat SMP/MTs kelas VII dan VIII dengan judul Perpustakaan dan Minat Baca” jelasnya.

Selain itu ada lomba berpidato berbahasa Inggris tingkat SMA/MA/SMK kelas X dan XI,  dengan judul Pentingnya Ilmu dan Membaca, dengan dewan juri berasal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat, Guru dan Budayawan Kabupaten Lampung Barat.

Perlombaan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan, Bulan Gemar Membaca dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat Ke-27. “Tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat. Baik itu di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,  serta untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Kedua hal tersebut,  diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan budaya baca masyarakat”, papar  Sandarsyah.

Pemenang lomba bercerita tingkat SD/MI, Juara I diraih oleh Kristina Anjelika dari SDN 1 Tanjung Raya. Juara II Trulivia Ardhana (SDN 1 Way Mengaku) dan Juara III Nathania Assyfa (SDN 1 Sukarami).

Unuk Juara Harapan I diraih Andika Satria Pratama (SDN 1 Way Mengaku),  Juara Harapan II Bunga Cinta Lestari (SDN 1 Tanjung Raya), dan Juara Harapan III Yohan Pratama (SDN 1 Sukarami).

Pemenang Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP/MTs, Juara I Wina Akva Arsadela (SMPN 1 Sukau), Juara II Bagas Doni Rando (SMPN 1 Liwa) dan Juara III Amanda Nia Safitri (SMPN Sekuting Terpadu).  Untuk Juara Harapan I Dita Juliyana (SMPN1 Liwa), Juara Harapan II Deska Ayu (SMPN 2 Liwa) dan Juara Harapan III Salwa Atika Nabila (MTsN 1 Liwa).

Pemenang  lomba pidato Bahasa Inggris, Juara I diraih Vina Qurota Ayun (SMAN 1 Sukau), Juara 2 Ribka Tasya (SMAN 2 Liwa) dan Juara III Ananda Apriliza (SMAN 1 Sukau).  Untuk Juara Harapan I Alexander Almas S. (SMAN 1 Liwa), Juara Harapan II Briggita Indah Y (SMAN 1 Liwa) dan Juara Harapan III Rintia Apriyani (MAN 1 Liwa).

” Seperti kita ketahui  pada 2 Mei 2018 lalu, Kabupaten Lampung Barat telah mencanangkan dirinya sebagai Kabupaten Literasi. Hal ini juga didukung dengan terbitnya Peraturan Bupati Lampung Barat, Nomor 19 Tahun 2018 tentang Gerakan Literasi Daerah (GLD)”, jelasnya.

Literasi adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis. Sehingga kata Sandarsyah, dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi,  sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, serta dapat berkreasi menuangkannya dalam bentuk tulisan. Sehingga dapat menambah bahan bacaan dan bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu perlu diadakan Gerakan Literasi Daerah (GLD).

Agar gerakan ini dapat terlaksana dengan baik, dapat tercapai tujuan visi dan misinya, maka perlu pula dibentuk organisasi yang disebut Tim Gerakan Literasi Daerah (TGLD).

“Gerakan Literasi Daerah ini ditujukan, untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan. Mulai dari keluarga, sekolah  dan masyarakat, dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.  Ini  sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. “Dalam pelaksanaannya, gerakan ini hendaknya dilakukan berkesinambungan, terintegrasi dan melibatkan semua pemangku kepentingan”, katanya (SKR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.