Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk Lahirkan Putra Putri Terbaik Untuk Paskibraka 2023

Nganjuk, Beritaterbit.com – Pemerintah kabupaten Nganjuk melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) membuka seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Nganjuk serta akan bersaing di tingkat nasional.

Pendaftaran telah terlebih dahulu dilaksanakan secara online melalui aplikasi paskibraka.bpip.go.id pada (2/3/2023) hingga (7/3/2023) lalu. Dari hasil pendaftaran tersebut diketahui ada sebanyak 484 Pelajar tersebar di Kabupaten Nganjuk yang mendaftarkan.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Sri Handariningsih melalui Kasi Pemuda dan Olahraga Adi atau yang lebih akrab disapa mas Adi Gundul Disporabudpar Kabupaten Nganjuk. “Yang berhasil lolos seleksi administrasi sebanyak 404 Pelajar. Dengan rincian sebanyak 203 Pelajar Putra dan 201 Pelajar Putri,” terangnya.

Adi juga menyebutkan pada hari pertama seleksi, sebanyak 404 Calon Paskibraka Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Nganjuk Tahun 2023 tersebut akan dikerucutkan menjadi 150 orang yang lolos dan berhak mengikuti proses seleksi selanjutnya.

“Di hari pertama seleksi ini, Calon Paskibraka dites Parade dan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Selanjutnya yang berhasil lolos berhak mengikuti tes Kesehatan, Kesamaptaan, Intelegensi Umum, Kepribadian dan Wawasan Kebangsaan,” jelasnya.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Mukarol Tohari saat ditemui di kantornya, Selasa (23/05). (Beritaterbit.com/Gendro)

Sementara itu, Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Mukarol Tohari menyampaikan proses pendaftaran Seleksi Paskibraka Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Nganjuk untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya menyampaikan untuk tahun 2023 ini, pendaftaran dilakukan secara online melalui paskibraka.bpip.go.id.

“Tahun ini luar biasa dan di luar ekspektasi kami. Para pelajar Kabupaten Nganjuk sangat antusias sekali mengikuti seleksi Calon Paskibraka Tahun 2023 ini,” jelasnya sembari menyebut ada beberapa instansi sekolah yang mengirimkan lebih dari 2 wakil Calon Paskibraka dan semuanya lolos seleksi administrasi.

“Harapannya dari seleksi ini mudah-mudahan nanti menghasilkan Putra-Putri pilihan dan terbaik yang memang merepresentasikan potensi Kabupaten Nganjuk. Dan yang belum berhasil lolos, kami tetap memotivasi dan mengarahkan untuk tetap aktif serta berprestasi di minat bidang masing-masing baik olahraga maupun organisasi kepemudaan lainnya. Alhamdulillah sekarang tahap lolos ke tingkat provinsi dan ada 3 putra dan 3 putri yang lolos ke provinsi dan harapannya nanti bisa lolos ke tingkat nasional dan bikin nama harum kabupaten nganjuk,” tambahnya saat ditemui awak media Beritaterbit.com di ruang kerjanya, Selasa (23/05/2023) pagi.

Dalam proses seleksi Calon Paskibraka Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional dan Kabupaten Nganjuk tersebut, untuk menjaring para pelajar terbaik di Kabupaten Nganjuk dalam proses seleksinya, Disporabudpar juga bersinergi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nganjuk. Dan juga Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk dan Pembina Paskibraka dari SMAN 2 Nganjuk yang telah bersertifikasi Pelatihan Paskibraka Tingkat Nasional.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.