Dijadikan Taman, Pembongkaran ‘Rumdin’ Sekolah Ditolak Warga

LUBUKLINGGAU – Warga yang tinggal di sekitar Komplek SD Negeri 12 Kota Lubuklinggau, tepatnya di Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1, menolak wacana pembongkaran Rumah Dinas (Rumdin) Sekolah yang berdiri tepat di sebelah pintu masuk (gerbang) sekolah itu.

Wacana pembongkaran Rumdin tersebut, ternyata telah diusulkan Kepala Sekolah SDN 12 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, Supiah untuk digantikan menjadi Taman Sekolah ke instansi terkait. Padahal, menurut warga setempat bahwa kondisi bangunan masih layak pakai, serta menilik dari sisi sosial bahwa Rumdin tersebut termanfaat karena dihuni penjaga sekolah.

“Saya menolak bila Rumah Dinas ini dibongkar. Semestinya, aset ini direhab bukan dibongkar,” teriak Toto Raharjo, Koordinator Penyampai Aspirasi dalam orasinya, Selasa (30/1).

Orasi tersebut, berbarengan dengan kedatangan Tim Survey Peninjau Aset yang berasal dari sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau.

“Aset negara yang masih bermanfaat jangan dihapus. Semestinya, mari kita rawat sebaik mungkin,” tegas Toto yang juga Ketua RT di Kelurahan tersebut.

Sementara itu, Penghuni Rumah, Ningsih mengaku masih betah tinggal disana, karena masih layak huni. Itulah sebabnya, dirinya menyayangkan bahwa keluarganya harus pindah dan mencari kontrakan, padahal dirinya masih tercatat sebagai Cleaning Service (Petugas Kebersihan) di SDN 12 Kota Lubuklinggau.

“Saya sudah disuruh oleh Kepsek untuk mengosongkan rumah, karena Rumah itu akan dibongkar, padahal kan masih layak huni,” kata dia.

Terpisah, Kepsek SDN 12 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, Supiah menjelaskan, pihaknya mengakui bahwa telah mengajukan permohonan pembangunan Taman Sekolah di lahan Rumdin tersebut.

Namun, ajuan tersebut belum terealisasi karena masih dalam proses.

“Kita kan meminta, jadi yang menentukan itu kan dinas terkait, kita cuma mengajukan saja. Sementara untuk isu pemecatan Penghuni Rumah selaku Cleaning Service, itu cuma isu tidak benar saja,” singkatnya saat ditemui di ruang kerjanya.(Anas)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.