Demi Keselamatan Pengguna Dermaga Penyebrangan, Dishub Kab Blitar Rutin Berikan Pembinaan dan Sosialisasikan Keselamatan

Kab Blitar, beritaterbit.com – Kabupaten Blitar adalah sebuah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan dan juga dilewati sebuah sungai yang sangat besar diJawa Timur yaitu sungai Brantas. Selain jembatan sebagai akses penyambung antar kecamatan maupun desa juga adanya beberapa dermaga penyeberangan sebagai sarana penghubung antar wilayah.

Ada sedikitnya 16 titik dermaga diKabupaten Blitar ini, yang diantaranya menghubungkan Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Dari jumlah tersebut 4 titik bangunannya sudah permanen, dengan mendapatkan bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur 2 titik sedangkan 2 titik yang lain dari Departemen Perhubungan.

“4 dermaga tersebut masing masing di Desa Purwokerto 2 titik, Selokajang 1 titik dan Desa Kunir 1 titik. Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar dalam hal ini hanya selaku pembina dan pemantau, Dikarenakan untuk lalulintas perairan yang menghubungkan 2 daerah kabupaten/kota dalam 1 wilayah provinsi ditangani oleh pemerintah provinsi, termasuk juga surat suratnya,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, melalui Kasi Angkutan Orang dan Barang, Agus Subroto S.Sos. sabtu (24/10/2020).

Agus Subroto juga mengatakan, dari Dishub Kabupaten Blitar, sebatas hanya memberikan sosialisasi keselamatan dan memberikan bantuan alat keselamatan diantaranya lif jakec dan selalu mengingatkan kepda pemilik agar melengkapi alat keselamatan serta rambu dan penerangan jalan akses menuju dermaga.

“Setiap tahunnya Dishub Kabupaten Blitar selalu mengadakan sosialisasi keselamatan bagi pengusaha dan awak kapal,” terang Agus.

Lebih lanjut Agus kembali mengatakan, Pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar mengharap kepada Kementrian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Jawa Timur untuk memberikan bantuan dermaga lagi, dan seandainya bisa semua titik.

“Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar berharap kedepan lalulintas angkutan perairan semakin meningkat dan terjamin keselamatannya. Dan yang tidak kalah pentingnya bisa menghubungkan perekonomian masyarakat, untuk kedua daerah semakin meningkat dan lancar,” pungkasnya.(San/Adv Kmf)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.