Danrem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) Tinjau Pos Penyekatan Penyakit Hewan dan Penanganan Penyakit Hewan PMK di Kecamatan Bendungan

Trenggalek, Beritaterbit.com – Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) Madiun, Kolonel Inf Deni Rejeki melaksanakan pengecekan kesiapan petugas di pos penyekatan terhadap hewan sakit PMK yang ada di Durenan.

Danrem 081/DSJ didampingi Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S.Sos serta Edi Soepriyanto Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Trenggalek, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Dinas Perhubungan. Jum’at (15/7/2022).

Dalam kunjungannya, Danrem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun mengatakan, pertama melihat dan mengecek kesiapan petugas baik itu dari TNI/POLRI dan disitu ada Babinkamtibmas, Babinsa kemudian dari BPBD, Peternakan dan Dinas Perhubungan.

“Pos penyekatan itu adalah posko terpadu. Posko terpadu ini melaksanakan tugas 1×24 jam,” ucap Danrem 081/Dhirutsaha Jaya.

Danrem menambahkan, posko terpadu ini artinya mereka melaksanakan tugas sepenuhnya untuk mengawasi, mengecek, memeriksa hewan yang masuk maupun yang keluar. Dengan memeriksa kelengkapan dari pada dokumen, berapa jumlah hewan ternaknya dan peruntukannya untuk apa disitulah mereka cek.

Sampai saat ini khususnya di Kabupaten Trenggalek memang untuk kasus sapi potong terutama maupun sapi perah tidak ada peningkatan malah penurunan. Artinya bagus berarti ada upaya dan solusi untuk mengatasi permasalahan PMK ini, tindakan langkah-langkah dari Pemerintah Daerah Trenggalek kemudian TNI/POLRI terpadu sudah melaksanakan tugasnya.

Lanjut Danrem, “Yang saya perhatikan bagus sudah melaksanakan tugas-tugas itu termasuk di sapi perah ini, jadi kami langsung ke kandang sapi kemudian melihat sapi yang sakit yang PMK. Disini dipisahkan jadi yang PMK tersendiri, bahkan kami datang kesini tidak boleh datang ke kandang sapi yang sehat artinya disini sudah melaksanakan prosedur yang tepat,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Peternakan, Nurkholik sangat berterima kasih sekali terhadap kunjungan Danrem 081/Dhirotsaha Jaya dan Dandim 0806 Trenggalek di Kecamatan Bendungan.

Pada kunjungan tadi yang pertama telah memberikan edukasi kepada peternak terkait dengan bagaimana ketika para peternak ini ada ternaknya terkena PMK, ini sangat luar biasa. Dan yang kedua tadi ada penyerahan obat untuk kaki itu juga saya sampaikan terima kasih sekali,” pungkasnya. (SG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.