Dandim 0708 Purworejo Resmikan Kampung Pancasila

Purworejo, beritaterbit.com – Desa Dukuhrejo bersama dengan 16 Desa dan 1 pondok pesantren di Kabupaten Purworejo di resmikan sebagai kampung Pancasila oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim di Kantor Desa Dukuhrejo, Kecamatan, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022).

Kegiatan peresmian diikuti oleh Muspika masing-masing kecamatan secara virtual. Pemotongan pita, pelepasan balon dan pemukulan gong serta penyerahan piagam sebagai prosesi pencanagan kampung pancasila di Kabupaten Purworejo.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim, mengatakan, kampung pancasila adalah julukan desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai pancasila dan dilihat dari tingkat toleransi antar umat beragama sangat tinggi.

“Kita melihat untuk penerapan nilai-nilai pancasila sudah berkurang, penyelesaian permasalahan tidak lagi menggunakan musyawarah, namun dengan kekerasan, sehingga dengan pencanangan kampung pancasila ini semua komponen masyarakat bisa menetapkan sampai tingkat bawah,” ucap Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, terpilihnya Desa Dukuhrejo sebagai kampung pancasila karena warganya sudah menerapkan gotong royong, musyawarah, penanganan bencana seperti banjir sinergitas antara warga dan aparat sangat solid.

“Ini adalah desa percontohan bagi desa yang ada di Kabupaten Purworejo, karena warganya sudah bisa menerapkan nilai nilai pancasil,” bebernya.

Memasuki bulan Ramadan 1443 H, Dandim mengajak untuk saling introspesri diri, berbenah diri dan selaku umat beragama senantiasa berpegang pada kebenaran, mengedepankan hidup rukun dan gotong royong, toleransi tenggang rasa dan saling menghormati.

“Semoga dengan adanya program kampung pancasila ini dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat untuk membentuk pribadi yang unggul,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuhrejo Suhadi mengatakan, ini adalah suatu kehormatan kususnya bagi warga desa karena desa Dukuhrejo menjadi kampung pancasila, serta menjadi tempat yang di pusatkan menjadi kampung pancasila.

“Dengan pencanangan pancasila ini semoga kita semua bisa menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari, ” pungkasnya. (As)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.