Bupati Seluma Diwakili Sekda Seluma H. Hadianto Buka Pameran Pendidikan, UMKM dan Bahasa Surat Ulu Tingkat SD dan SLTP

Seluma, Beritaterbit.com – Bupati Seluma diwakili Sekretaris Daerah H. Hadianto, SE, MM, M.Si membuka Pameran Pendidikan dan UMKM serta Lomba Bahasa Suku Serawai Seluma Tingkat SD dan SLTP bertempat di Alun Alun Kota Tais, Rabu (22/5/2024).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma Farzian, S.Pd selaku Ketua Panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan, pameran dalam rangka memeriahkan HUT ke-21 Kabupaten Seluma Tahun 2024 ini terselenggara berkat kerja sama Dinas Dikbud beserta jajaran yaitu seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Seluma.

Adapun tema yang diangkat tentang adat dan budaya, sejarah, legenda dan cerita rakyat seputar Bumi Serasan Seijoan Kabupaten Seluma. Perlombaan ini diikuti oleh Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah perserta sebanyak 28 orang Putra dan Putri.

“Salah satu tujuan perlombaan Bahasa Suku Serawai Seluma ini adalah mewujudkan misi Bapak Bupati dan Wakil Bupati Seluma yaitu Seluma Beragama dan Berbudaya,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini ada juga perlombaan berejung dan bercerita (Berdongeng) yang di ikuti sebanyak 20 orang perserta Putra dan Putri tujuannya untuk membangkitkan lagi budaya yang hampir punah,” lanjutnya.

“Selain itu ada juga stan-stan pameran sekolah-sekolah yang menampilkan hasil karya para pelajar maupun dewan guru. Dalam melaksanakan kegiatan ini kami juga bekerja sama dengan Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Seluma,” tutupnya.

Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia atas terselenggaranya pameran Pendidikan dan UMKM serta lomba Berbahasa Serawai Suku Seluma ini.

“Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu seperti yang disampaikan oleh Kadis Dikbud bahwa kabupaten kita telah mengirim lomba berejung tingkat nasional dan mendapat penghargaan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.