Bupati H. Sapuan Resmikan Masjid Al-Mukminin Sungai Ipuh

Mukomuko, beritaterbit.com – Setelah melewati proses panjang akhirnya pembangunan Masjid AL-Mukminin milik masyarakat Desa Sungai Ipuh, Kecamatan Selagan selesai dibangun dan diresmikan oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, CA, Ak, CPA bersama Wakil Bupati, Wasri dan Dandim/0428 Mukomuko Letkol Czi. Rinaldo Rusdy, S.Ip pada Rabu pagi (7/7).

Kedatangan rombongan Bupati tersebut disambut antusias oleh masyarakat Desa Sungai Ipuh. Dimana penyambutannya diawali dengan sekapur sirih yang diiringi dengan pencak silat. Kemudian dilanjutkan dengan doa dan makan bersama.

Ketua panitia pembangunan Masjid AL-Mukminin, Zaipul dalam sambutannya mengatakan, pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2018 dan alhamdulillah tahun 2021 Masjid Al-Mukminin sudah bisa digunakan untuk beribadah. Sumber dana untuk pembangunan masjid yaitu memanfaatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pasar Desa dan Kebun Masyarakat Desa (KMD).

“Selain dari PADes juga ada infaq dari masyarakat. Alhamdulillah berkat kerjasama kita selama ini, sekarang Masjid Al-Mukminin diresmikan oleh bapak Bupati Mukomuko. Setelah peresmian ini pembangunan masjid tetap dilanjutkan yaitu pemasangan pintu, plafon dan keramik,” sampainya.

Bupati Mukomuko, Wakil Bupati, Dandim/0428 Mukomuko, Camat Selagan Raya, Kades Sungai Ipuh, Ketua BPD Sungai Ipuh foto bersama

Sementara Kepala Desa (Kades) Sungai Ipuh, Burzan dalam sambutannya juga mengatakan, proses pembangunan masjid ini cukup lama yaitu kurang lebih tiga tahun. Sehingga masyarakat Desa Sungai Ipuh membuat nazar atau memiliki niat apabila masjid Al-Mukminin ini sudah bisa digunakan sebagai tempat beribadah, masyarakat Desa Sungai Ipuh sepakat memotong kerbau dua ekor dan sudah dilaksanakan pada Selasa (6/7) kemarin.

“Kami pemerintah desa mewakili masyarakat Desa Sungai Ipuh sengaja mengundang Bapak Bupati Mukomuko hari ini untuk meresmikan masjid AL-Mukminin. Sesuai dengan nazar yang sudah diucapkan masyarakat, apabila pembangunan masjid ini selesai dan sudah ditempati diminta Bupati Mukomuko untuk meresmikannya,” ucapnya.

Sementara Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, CA, Ak, CPA mengapresiasi kerja sama masyarakat Desa Sungai Ipuh yang sudah melalui waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko juga tengah merancang kedepan setiap rumah ibadah mendapat bantuan.

“Kita merencanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kedepan setiap rumah ibadah mendapatkan bantuan. Walaupun penyaluran tidak bisa dilakukan secara serentak. Tetapi penyaluran bantuan untuk rumah ibadah akan dilakukan secara bergantian,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.