Bupati Dan Wakil Bupati Trenggalek Ziarah Leluhur Jelang Hari Jadi Trenggalek

Trenggalek, Beritaterbit.com – Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin bersama Forkopimda dan didampingi Wakil Bupati gelar ziarah leluhur merupakan Tradisi rutin menjelang Hari Jadi Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/8/2022).

Ziarah leluhur ini ditujukan untuk menapaki perjalanan sejarah Trenggalek dari masa ke masa, di awali dari makam Mbah Kawak yang ada di Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek. Mbah Kawak dikenal oleh masyarakat sebagai tokoh syi’ar agama islam masa itu.

Setelah dari makam Mbah Kawak diteruskan ziarah ke makam Setono Gedong, yang juga di wilayah Kelurahan Ngantru. Di makam tersebut terdapat makam Bupati Pertama R.T. Soemo Truno dan saudaranya D.Jaya Negoro Bupati kedua serta makam orang tua Bupati Ponorogo R.T.A Merto Diningrat.di makam itu juga terdapat makam Warok Suromenggolo yang terkenal di kalangan kesenian reog Ponorogo. Warok Suromenggolo yang juga Patih dari Bupati Ponorogo, R.T.A. Merto Diningrat. Karena setianya kepada Bupatinya maka dimakamkan juga di lingkungan makam Setono Gedong Trenggalek.

Kemudian dilanjutkan ke makam Adipati Menaksopal di komplek makam Bagong. Adipati Menaksopal kiprah dan jasanya cukup besar untuk Trenggalek, dikenal karena membawa kemakmuran pada masyarakat dengan membangun Dam Bagong yang dipercayai menjadikan kawasan di Trenggalek dari rawa menjadi lahan pertanian yang subur.

Dari makam Adipati Menaksopal diteruskan ke makam Kanjeng Jimat di Ngulan Kulon Kecamatan Pogalan dan kemudian diteruskan ke makam Astana Girimulyo di Desa Buluagung Kecamatan Karangan.

Ziarah makam leluhur ini sebagai acara rutin mengingat seluruh perjuangan beliau, semoga Hari Jadi Trenggalek ini bisa semakin baik, pungkasnya. (SG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.