Buka Pelatihan PKU Akbar PNM 2023, Bupati Ikfina Dorong Pelaku Usaha Komitmen Hasilkan Produk Berkualitas

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati membuka secara langsung pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Mojokerto, di Aula Universitas Bina Sehat PPNI, Sabtu (27/5/2023).

Pada momen itu, Bupati Ikfina menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto bersama seluruh stakeholder terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian, iklim investasi, dan bidang usaha di Kabupaten Mojokerto bisa berjalan dengan baik, maka untuk menyukseskan hal tersebut, Ia mengajak para pelaku usaha untuk bisa berkomitmen menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

“Bagaimana kita meningkatkan kunjungan pasar dari para konsumen Mojokerto maupun di luar Mojokerto untuk bisa mengambil di Kabupaten Mojokerto dengan lancar, maka saya meminta semua ibu-ibu Mekaar untuk berkomitmen menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan yang betul-betul nanti bisa merebut hati para konsumen,” ucap Ikfina kepada 1.000 ibu-ibu peserta PKU Akbar nasabah PNM Mekaar se-Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, nasabah PNM Mekaar yang memiliki slogan ‘Jujur, Disiplin, Kerja keras, jaya’. Bupati Ikfina menilai, untuk memproduksi suatu barang dan jasa itu, sangat dibutuhkan suatu kejujuran dalam melakukan bidang usaha untuk mendapatkan suatu kepercayaan pelanggan dan dapat merebut hati pasar dari produk maupun jasa yang dihasilkan.

“Lebih baik punya customer yang loyal daripada kita produksi banyak tetapi kemudian customer kita hanya beli sekali dua kali habis itu tidak mau lagi karena kita tidak jujur dengan apa yang kita hasilkan, jadi kata jujur ini luar biasa,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, dalam melaksanakan suatu bidang usaha sangat diperlukan kedisiplinan dalam menggunakan uang permodalan yang telah didapatkan untuk difokuskan dalam mengembangkan usaha barang atau jasa yang dijalani.

“Bagaimana kita bisa disiplin, bahwa uang yang dipinjamkan kepada kita adalah untuk usaha bukan untuk konsumsi. Kalau kita ingin menghasilkan barang-barang yang bagus disiplin dalam produksi itu juga sangat berpengaruh pada kualitas barang yang kita hasilkan,” jelasnya.

Selain itu, dalam memproduksi suatu barang dan jasa, Bupati Ikfina menegaskan sangat dibutuhkan kerja keras, karena Ia menilai, dengan kerja keras dalam memproduksi suatu produk akan membuahkan hasil yang bagus.

“Tiga hal ini jujur, disiplin, dan kerja keras. kalau kita bisa betul-betul komitmen dengan tiga hal ini saya yakin kejayaan itu akan bisa kita dapatkan,” ujarnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga mengatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, iklim investasi, dan mendongkrak pasar digital di Bumi Majapahit, maka sangat diharapkan para pelaku usaha mikro nasabah PNM Mekaar bisa tergabung dalam pasar digital milik Pemerintah Kabupaten Mojokerto yakni aplikasi TUMBAS.

“Kalau kemudian pasar ini betul-betul sudah menjangkau produsennya dari semua lini dan perlu ditingkatkan para pembelinya, maka nanti kita siap untuk membuat kebijakan bagaimana kita mendorong masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk membeli produk dari masyarakat Kabupaten Mojokerto sendiri,” bebernya.

Sementara itu, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mojokerto, pimpinan PT. PNM Cabang Mojokerto Danang Setya Budi menyampaikan, terdapat 22 unit kerja di Mekaar serta jumlah penyaluran dana sebesar 412 Miliar dengan jumlah kelompok sebanyak 5.253 dari total seluruh nasabah Mekaar yakni 84.702.

“Jadi kami tidak sendiri, kami bersinergi dengan BRI, Pegadaian, dan juga didukung pula oleh BPJS Ketenagakerjaan ini luar biasa supportnya,” pungkasnya.

Pada pembukaan PKU Akbar, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis Nomor Induk Berusaha (NIB), Simpedes UMI, dan tabungan emas kepada perwakilan peserta PKU Akbar, serta diadakan bazar UMKM yang menyuguhkan berbagai produk olahan makanan dari para nasabah PNM Mekaar Kabupaten Mojokerto.

Diketahui, pada pelaksanaan PKU Akbar juga turut dihadiri Para kepala Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto, Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen-OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur Rifnal Alfani, Manajer USI Kanwil BRI Surabaya Nur Azza Karim, Kepala Cabang BRI Mojokerto Mahmudin, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto Zulkarnain Mahading, Sales Channel PT. Pegadaian Mojokerto dan Wakil Ketua Millenial BUMN Surabaya raya Berry FS Pariela, dan Forkopimca Mojoanyar.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.