Buat KTP dan Administrasi Kependudukan lainnya di Kota Bengkulu Cukup Melalui Aplikasi Slawe

Bengkulu, beritaterbit.com – Pembuatan e-KTP online melalui aplikasi Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (Slawe) saat ini lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan e-KTP secara langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu.

Berdasarkan data yang diterima dari Dukcapil Kota Bengkulu hingga saat ini pembuatan E-KTP melalui aplikasi Slawe di Kota Bengkulu sudah mencapai 55.238. Sedangkan Kartu Identitas Anak (KIA) sudah mencapai 12.432.

Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Andi Wijaya mengatakan, pembuatan e-KTP di Kota Bengkulu sekarang ini paling banyak menggunakan aplikasi Slawe.

“Biasanya yang datang ke Dukcapil sekarang ini yang mengalami kendala atau yang bermasalah pada saat menggunakan aplikasi,” ujar Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, masyarakat yang mengurus secara offline adalah masyarakat yang mengalami kendala atau dari sistem dari aplikasi tersebut meminta masyarakat tersebut untuk datang langsung ke dukcapil.

“Jadi yang biasanya datang itu apabila ada yang permohonannya diterima atau ditolak pengajuannya. Misal NIK nya ada masalah seperti duplikat, nah itu kan harus orangnya yang datang langsung untuk dicek sidik jarinya,” jelas Andi.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menjelaskan penggunaan aplikasi Slawe untuk pergantian status KTP, yakni dengan cara melampirkan atau mengupload foto KTP lama. Hal yang sama juga dilakukan untuk mengganti KTP yang hilang maupun rusak.

“Walaupun rusak, tetap di foto bukti fisik KTP yang rusak walau hanya tinggal setengah, dan kalau hilang cukup diupload surat keterangan hilangnya,” imbuh Andi.

Terkait masyarakat yang masih mengalami kesulitan untuk mengakses aplikasi Slawe, Andi mengatakan biasanya ada beberapa faktor yang mempengaruhi.

“Biasanya dari sananya itu ada gangguan jaringan, kemudian dari sistemnya. Jadi sistem itu apabila sudah melebihi batas permohonan dia otomatis akan ada tulisannya,” jelas Andi.

Menurut Andi, dalam satu hari ada sekitar 400 orang yang mengajukan permohonan pembuatan dokumen. Untuk pembuatan KK, masyarakat bisa mengakses melalui aplikasi Slawe pada hari Senin hingga Sabtu. Sementara pembuatan KTP di hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. (Adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.