BI Bengkulu Luncurkan Serambi 2023, Tersedia Rp 2,67 Triliun Untuk Kebutuhan Saat Ramadan dan Idulfitri

Bengkulu, beritaterbit.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar menyambut Ramadan dan Idulfitri 2023 dengan meluncurkan Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023, Selasa (27/3).

“Kegiatan Serambi 2023 ini dilaksanakan secara nasional hingga 20 April, tahun ini Bank Indonesia Bengkulu menyiapkan uang tunai untuk kebutuhan Ramadhan Idul Fitri sebesar Rp 2,67 triliun atau sudah melebihi target estimasi kebutuhan uang 125 persen,” ujar Darjana selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Kepala BI bahwa telah melepas layanan mobil kas keliling yang tersebar untuk beberapa titik layanan di Kota Bengkulu.

“Kita menyebar beberapa mobil kas keliling dari BI Bengkulu ada dua unit mobil layanan kas dan 6 mobil dari berbagai perbankan di Bengkulu. Lokasinya ada di Pasar panorama, Pasar Pagar Dewa, View Tower dan ada nanti di lapangan parkir kita di BI dan di Bandara Fatmawati,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang untuk memanfaatkan layanan yang diberikan melalui mobil-mobil yang sudah disebar guna meminimalisir terjadinya penyebaran uang palsu.

“Kami mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang Rupiah pada tempat yang resmi guna menjamin keaslian dan kualitas uang rupiah,” katanya.

BI Bengkulu juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST.

Saat ini penukaran uang menyambut lebaran merupakan sebuah tradisi di masyarakat. BI Bengkulu selalu siap untuk melayani penukaran uang baru sehingga dapat semakin mengoptimalkan pengelolaan uang rupiah menjelang hari raya melalui ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya.

“Kita melalui Bank Bengkulu juga bekerjasama sehingga untuk daerah terluar Bengkulu seperti Enggano juga bisa mendapatkan layanan penukaran uang secara layak dengan emisi terbaru tentunya tahun 2022 dan dibatasi per orang mendapatkan 1 demoninasi atau Rp 3,8 juta,” tutupnya.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.