Berkebaya Bersama Ibu Negara

Surakarta, Beritaterbit.com – Pada 4 Juni 2022 yang lalu, Kota Solo telah menjadi kota pertama yang mengadakan Parade Kebaya Nusantara di halaman Kamandungan Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2022 tahun ini dan inspirasi dari kesuksesan kegiatan sebelumnya, Himpunan Ratna Busana Surakarta mengadakan gerakan yang kali ini lebih besar untuk mengkampanyekan penggunaan kebaya dengan padu padan kain batik sebagai Citra Perempuan Indonesia.

Mengambil momentum Hari Batik Nasional dimana Batik yang sudah lebih dahulu diakui UNESCO dan ditetapkannya Hari Batik Nasional, maka kegiatan yang merupakan inisatif Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan akan dihadiri oleh OASE Kabinet Indonesia Maju juga Ketua Dekranasda dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi se-Indonesia beserta jajarannya ini mengambil tajuk “Berkebaya bersama Ibu Negara”.

Direncanakan acara pelaksanaan pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2022 dengan tempat di sepanjang jalan Slamet Riyadi tepatnya dimulai dari Perempatan Gereja Gendengan ke arah Loji Gandrung dan finish di Wuryaningratan.

Diperkirakan peserta berkebaya yang telah mendaftar sekitar 2.500 peserta, mereka akan berjalan parade (city walk) pada pukul 13.30 siang hingga 15.00 sore hari, diantara peserta juga akan tampil 35 Perempuan Mandiri terdiri dari Para Bakul Jamu, Pedagang, Pesinden, Buruh Gendong Pasar, dan Abdi Dalem Keraton yang konsisten selama puluhan tahun mengenakan kebaya dalam kesehariannya.

Perempuan Mandiri ini akan mendapatkan apresiasi berupa donasi dari peserta atau pengunjung yang hadir dengan menggunakan teknologi QRIS. Acara juga disemarakan dengan penampilan musik dan tari tradisional, Bazar UMKM yang berkaitan dengan Kebaya, Jejak Kebaya Ibu-ibu Oase Indonesia di Wuryaningratan.

Dan juga yang tak kalah menarik adalah acara ceremonial Penandatanganan Dukungan Kebaya agar diakui oleh UNESCO. Demikian keterangan dari Ketua Pelaksana RAy. Febri Dipokusumo, Rabu 28 September 2022. (GP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.