Bengkulu Akan Terima Bantuan Dua Mobil Tinja

BENGKULU, beritaterbit.com – Pemerintah Kota Bengkulu dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal mendapatkan bantuan mobil tinja dari Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini disampaikan oleh Kepala DLH Kota Bengkulu Syarnubi di Gedung DPRD Kota Bengkulu, Senin (26/2/2018).

“Pada tahun ini akan ada bantuan 2 unit mobil tinja dari Kementerian PUPR,” kata dia.

Dia berharap bantuan ini dapat melengkapi kebutuhan mobil tinja di Kota Bengkulu. Pasalnya saat ini, Kota Bengkulu hanya memiliki 3 unit mobil tinja yang kondisinya pun cukup memprihatinkan.

“Saat ini mobil tinja kita ada 3 unit. Kondisinya pun, selalu membutuhkan perbaikan rutin,” ungkapnya.

Padahal, Syarnubi menilai mobil tinja ini berpotensi menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Misalnya saja, tiap satu kubik tinja PAD yang dihasilkan sebesar Rp 25 ribu. Itu belum termasuk biaya 10 liter Bahan Bakar Minyak dan pencucian mobil yang dibebankan kepada masyarakat.

“Jadi biaya untuk 4 kubik itu adalah Rp 225 ribu. Jadi kalau kurang dari 4 kubik ya tinggal dikurangi saja,” paparnya.

Pun demikian, menurutnya, penyedotan dan pengangkutan tinja ini bisa menjadi peluang bisnis swasta. Artinya, pemerintah tinggal melengkapi tempat pembuangan tinja saja.

“Dari sini kita juga bisa dapat PAD dan tentu saja menambah tenaga kerja. Kita contoh Jakarta, semuanya dikelola oleh swasta dalam rangka menampung tenaga kerja,” pungkasnya.(rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.