Banyak Kepsek Pensiun Tahun 2020

KEPAHIANG, Beritaterbit.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang antisipasi kekurangan kepala sekolah (Kepsek) 2020. Sebab, dalam dua tahun kedepan guru serta Kepsek hingga pengawas banyak yang memasuki masa pensiun.

Plt Kepala Dikbud Kepahiang, Dr Hartono mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan kementerian terkait untuk pelaksanaan training atau pelatihan guru khususnya untuk calon kepsek (Cakep) dan calon pengawasan (Cawas).

Menurutnya, tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberlakukan secara penuh Permen Dikbud no 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Dalam permen disebutkan penugasan guru sebagai kepala sekolah harus Cakep. Sementara di Kabupaten Kepahiang masih diangka 10 persen saja guru yang cakep,” kata Hartono.

Dikatak Hartono, sesuai surat edaran Mendikbud no. 18536 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Dikbud akan melaksanakan training guru-guru untuk calon kepsek, dan calon pengawasa (Cawas).

“Selain Cakep juga harus ada Cawas, karena sekarang Cawas hanya ada tiga orang yang memenuhi syarat. Kebutuhan 1 pengawas untuk 10 sekolah SD sedangkan untuk mata pelajar 1 Pengawas 40 guru,” tutur Hartono. (Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.