Banjir Landa Sungai Raya

Aceh Timur, Beritaterbit.com – Akibat guyuran hujan yang melanda di kawasan Kecamatan Sungai Raya, dalam sepekan ini Jumat (31/12/2021) puluhan rumah di wilayah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur terendam.

Selain rumah mereka yang terendam, tampak puluhan hektar areal persawahan sudah bagaikan lautan sehingga hewan ternak mereka pun kacau balau.

Warga nyaris panik dan mengamankan barang-barang berharga miliknya termasuk hewan ternak yang dipeliharanya.

Banjir melanda di beberapa desa dan banyak rumah juga terendam banjir dalam wilayah Kecamatan Sungai Raya antara lain Desa Sungai Simpang, Seuneubok Aceh, Seuneubok Pase, Bukit Drien, Krueng Lingka, Alue Rangan, Geulumpang Payoeng, Bukit Seulamat dan Alue Itam.

Di antara desa-desa itu banyak warga yang mengungsi ke posko-posko darurat yang disiapkan sementara oleh perangkat/aparat dan relawan desa masing-masing.

Menurut pengamatan, banyak rumah warga yang masih terendam banjir dan sebagian juga yang lagi membersihkan lumpur akibat tergenang banjir yang hampir satu hari satu malam full.

Tak sedikit juga warga mengangkat sampah-sampah yang berada di pelataran rumah-rumah mereka akibat banjir, banjir yang merendam permukiman warga hampir dua hari tersebut dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Mustafa, salah satu warga yang saat kami temui di lokasi banjir mengatakan, banjir dengan ketinggian setengah meter lebih sempat masuk ke dalam rumahnya.

Menurutnya ini merupakan banjir yang kesekian kali terjadi di Sungai Raya dalam tahun ini namun tidak separah banjir ini. Sebelumnya banjir juga beberapa kali terjadi dengan ketinggian air bervariasi.

“Banjir di sini sudah rutinitas setiap tahunnya terjadi cuma waktunya saja tidak bisa dipastikan. Warga sudah tidak kaget lagi kalau banjir,” ucap Mustafa.

Sementara banjir juga merendam dua komplek Dayah di pinggir Jalan Kebun Gajah Meuntah atau yang dikenal dengan PT Patria Kamoe. Pasalnya, sebelum banjir terjadi, lebih dahulu diguyur hujan yang sangat lebat di wilayah tersebut. (REL MNC)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.