Bakal digelar 16 Desember Mendatang, Pemda Tanah Datar Gelar Rakor dan Launching Pilwanag Serentak

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com -Setelah tertunda beberapa kali akibat wabah Pandemi Covid-19, akhirnya Pesta Demokrasi di Tingkat Nagari (Pemilihan Wali Nagari/Pilwanag) di Tanah Datar bakal digelar 16 Desember mendatang.

Terkait hal tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM melaunching sekalgus melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pilwanag Serentak tahun 2021 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar, Rabu (01/12/2021).

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra sampaikan “Pelaksanakan Pilwanag kita ini sudah beberapa kali tertunda karena situasi pandemi Covid-19 tahapan pemilihan wali nagari serentak yang telah dimulai pada tahun 2020, tahapan terhenti pada tahapan penetapan Bakal Calon Wali Nagari sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 141/2577 tanggal 24 Maret 2020 perihal saran penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa antar Waktu”.

“Penundaan Pilwanag menyebabkan bertambah panjangnya masa tugas penjabat wali nagari, sehingga ada yang harus diganti penjabatnya akibat penjabat wali nagari lama telah memasuki masa pensiun atau mutasi jabatan di pemerintahan daerah, Alhamdulillah pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang akan dilaksanakan Pilwanag,” tambah Bupati.

Bupati juga sampaikan pemilihan wali nagari secara serentak terlaksana dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti, pemilihan yang mengedepankan azas jujur, adil, rahasia dan demokratis, dan dilaksanakan dengan mematuhi prokes supaya tidak terjadi penyebaran covid-19, dimana wali nagari yang terpilih nanti merupakan wali nagari yang telah melewati proses dengan baik dan merupakan wali nagari pilihan masyarakat nagari.

“Pemilihan Wali Nagari yang akan kita laksanakan pada tahun ini merupakan salah satu agenda besar Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang harus kita sukseskan secara bersama­ sama, mari kita laksanakan pilwanag secara badunsanak dan gunakan hak pilih untuk menentukan yang terbaik dari calon yang sudah di tetapkan,” ajak Bupati.

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo yang juga hadir mewakili Forkopimda menghimbau untuk mewujudkan Pilwanag serentak 16 Desember 2021 mendatang dengan taat aturan,konsisten dan sportif .

“Mari sukseskan pilwanag nanti, khusus panitia jangan sampai ada yang memihak kepada salah satu calon dan jalankan prokes covid 19 dengan harapan jangan sampai terjadi penyebaran covid 19,” pesan Kapolres.

Sementara sebelumnya Ketua Pelaksana Pilwanag Kabupaten Tanah Datar Nofenril sampaikan pemilihan Wali Nagari serentak tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 di ikuti 21 nagari 93 calon Wali Nagari yang tersebar di 11 Kecamatan, 232 TPS, dengan wajib pilih 75.987 pemilih dengan rincian 37.197 laki-laki dan 38.231 perempuan.

Nofenril tambahkan, pada hari pelaksanan nanti sebanyak 21 nagari akan dilaksanakan libur bersama untuk menyukseskan Pilwanag Serentak Badunsanak 2021, semoga aman dan lancar.

Hadir pada kesempatn tersebut Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Pimpinan OPD, Camat, Panitia Pilwanag Kecamatan dan puluhan Calon Wali Nagari.(Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.